Pasukan Sapu Lidi di Suatu Pagi

 Pasukan Sapu Lidi di Suatu Pagi
Sejumlah anggota Karang Taruna RW.04 melakukan foto bersama warga RT.08 Kelurahan Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, usai melakukan kegiatan kerjabakti. ( foto : Nanang S ).

JAYAKARTA NEWS – Matahari belum lama menampakkan sinarnya. Sebagian warga masih dibuai mimpi, usai begadang nonton bola. Sebagian ibu-ibu lain, baru pulang dari aktivitas senam pagi. Saat itulah, sejumlah pemuda berseragam biru tua datang.

Tulisan “Karang Taruna RW 04” di bagian punggung seragam, menegaskan identitas mereka. Ibu-ibu pulang senam sempat ada yang berbisik-bisik, dan menduga mereka adalah relawan capres tertentu, atau tim sukses caleg tertentu.

Makin jelas duduk-soalnya saat Ketua RT setempat, Irmus Idrus hadir dan berada di antara mereka, lalu memberi penjelasan tentang kehadiran para pemuda di RT-nya. Tanpa banyak basa-basi, para pemuda menyisir Jalan Pangrango I dan sebagian jalan lingkungan RT 08, menyapu dan memunguti sampah.

Walau hanya membawa peralatan seadanya seperti sapu lidi dan kantong plastik, dengan semangat dan suasana penuh canda mereka menyapu dan memunguti sampah, kemudian mengumpulkan di kantong plastik besar. Ketika kantong sampah penuh, mereka naikkan ke sepeda motor roda tiga yang sudah dimodif menjadi pengangkut sampah. Motor pengangkut sampah mereka bawa dari kantor RW. Sampah-sampah itu selanjutnya diangkut ke sub penampungan sampah, sebelum berakhir di tempat pembuangan akhir Bantar Gebang.

Demi melihat aktivitas kerja bakti para pemuda, segera ibu-ibu berhenti bisik-bisik dan kabur ke dalam rumah. Mereka menyiapkan teh hangat dan mengeluarkan cemilan yang ada. Sebagian warga lain, tetap berada di dalam rumah, dengan pintu depan tertutup rapat.

Sejumlah anggota Karang Taruna saat melakukan kerjabakti di lingkungan RT.08 RW.04 Kelurahan Jatibening Baru ( foto : Nanang S )

Usai kerja bakti, makin jelas kiranya, bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk sosialisasi program Karang Taruna yang dibentuk 27 Oktober 2018, dan dilantik tanggal 22 Desember 2018 oleh Lurah Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat. Anggota Karang Taruna yang dilantik, berjumlah sekitar 50 orang berasal dari gabungan Karang Taruna Tingkat RT yang ada di wilayah RW 04. Di antara anggota Karang Taruna, ada yang berstatus pelajar, mahasiswa, dan pekerja dengan tautan usia yang tak jauh beda.

Setiap minggu mereka mendatangi lingkungan di wilayah RW 04 secara bergilir untuk melakukan K3 yang menjadi program mereka, yaitu Ketertiban, Kebersihan, Keindahan. “Masing-masing RT mendapat giliran kunjungan setiap dua minggu sekali. Hari ini, goliran RT 08,” ujar Muhammad Firdaus, Ketua Karang Taruna RW 04.

Kegiatan Karang Taruna lainnya, membantu masyarakat dalam melaksanakan aneka hajat, seperti peringatan hari-hari besar Islam, hingga membantu jika ada yang mengalami musibah sampai kedukaan. Firdaus berharap, kegiatan mereka menginspirasi Karang Taruna wilayah lain.

Bukan hanya Di  itu. Di bidang ekonomi, Karang Taruna RW 04 juga akan membantuk badan usaha kecil mandiri, sejenis UKM. Misalnya, mendirikan warung kecil di lingkunganya, atau berperan sebagai pemasaran atau distributor.

Faiz, salah satu anggota Karang Taruna yang ikut kerja bakti menambahkan, kegiatan sosial seperti itu, akan dilanjutkan dengan lebih kompak dan lebih bersemangat. Sementara Arum Wulandari, mendukung kegiatan seperti itu. “Saya senang bergabung dengan Karang Taruna. Selain bisa menjadi sarana silaturahim juga memperluas wawasan. Mudah-mudahan teman-teman yang belum bergabung, segera bergabung,” ujar Arum.

Berbicara suka-duka, sebagian anggota Karang Taruna umumnya menjawab senada. Bahwa belum semua warga masyarakat respek dan menghargai eksistensi mereka. Itu ditengarai dari masih adanya warga yang kurang memberi dukungan saat Karang Taruna berkegiatan positif. Sebagai organisasi kepemudaan yang berorientasi kerja bakti dan kerja sosial, sudah sepatutnya mereka berharap mendapat dukungan warga, termasuk dukungan donasi agar semua aktivitas positif pemuda bisa berjalan dengan baik. (Nanang S.)

Sawino (kiri), Pengurus RT. 08 dan Irmus Idrus (kanan) Ketua RT.08, saling berbincang di sela-sela kerja bakti bersama Karang Taruna RW.04, Jatibening Baru ( foto : nanang S ).
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *