Pameran Lukisan Online, Membangun Galeri Milenial

 Pameran Lukisan Online, Membangun Galeri Milenial

JAYAKARTA NEWS – Minggu 10 Februari 2019, pukul 19.30 wib, pameran  lukisan online “Ini Karyaku” resmi dibuka. Pameran ini diprakarsai pelukis, pebisnis, sekaligus jurnalis, Sokoco Hayat DP.  “Melalui pameran online ini, saya ingin membangun sebuah galeri milenial. Galeri yang  dengan mudah dan murah bisa menjadi wadah perupa untuk memamerkan karya, sekaligus bisa dengan gampang diakses penikmat atau kolektor kapanpun dan di manapun mereka berada, cukup dengan menggunakan hape cerdas dan jaringan internet,” kata Sukoco, sesaat sebelum acara pembukaan.

Selama ini, sebuah pameran seni rupa selalu bertempat di sebuah gedung, di sebuah kota.  Perupa dan pengunjung memiliki keterbatasan waktu dan tempat untuk mengapresiasinya.   Hanya mereka yang dekat dengan lokasi pameran yang bisa dengan mudah mengaksesnya.Sementara beayanya pun lumayan besar.  Sukoco Hayat mencoba sebuah terobosan baru dengan mengadakan pameran online. Ia beri  judul “Ini Karyaku”.  Judul ini dipilih karena informasi yang diberikan sangat lengkap.

Jika pada pameran seni rupa biasa hanya mencantumkan nama, judul karya, ukuran dan media, maka pameran seni rupa online “Ini Karyaku” melengkapi informasi perupa  dengan alamat rumah, no hape, alamat email, cv lengkap sekaligus rekam jejak si perupa. “Dengan informasi lengkap, para kolektor atau penikmat seni bisa dengan mudah menghubungi si perupa,” kata Sukoco. Pameran ini diikuti oleh 80-an perupa, baik dewasa maupun anak-anak. Mereka berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia.

Untuk pameran online pertama ini, Sukoco memanfaatkan media sosial facebook (fb) dengan alamat: sukocohayat, Youtube dengan judul: Pameran seni rupa online dan Instagram (ig)  dengan pintu masuk: pameransenirupaonline.

“Yang akan datang, saya akan membuat website untuk mewadahi pameran seni rupa online seperti ini,” tambah Sukoco. Ia menyatakan  bahwa pihakya sudah membuka pendaftaran untuk pameran seni rupa Online kedua yang diberi judul “Salam Kenal”. Pameran ini akan digelar tanggal 3 hingga 15 Maret 2019. Saat ini, pendaftaran pameran online kedua “Salam Kenal” sudah mulai dibuka. Para peminat bisa menghubungi Sukoco Hayat di nomor wa 085701798344. Sejak dibuka Minggu malam pukul 19.30, Pameran senirupa Online “Ini Karyaku” sudah dikunjungi oleh 500-an orang lewat akun FB Sukoco Hayat.

Guruh Susanto, Ketua Original Rekor Indonesia (ORI) mendukung penuh acara pameran seni rupa online yang baru pertama kali diadakan di Indonesia ini. “Saya mengapresiasi  penuh acara pameran yang menyatukan seniman khususnya perupa tanpa terkendala umur, jarak atau tempat para seniman berkarya. Mereka semua bisa unjuk karya melalui pameran online ini,” kata guruh.  Ditambahkan, pameran seni rupa online ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki pelukis-pelukis hebat di sekuruh daerah. Guruh berharap, para perupa bisa dikenal luas di Ondonesia dan macanegara. (nina) 

Renate, peserta terkecil “Ini Karyaku”
Karya perupa di pameran online “Ini Karyaku”
Torres, pemilik 600 an piala dari Lomba lukis, ikut meramaikan pameran online “Ini Karyaku”.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *