NOC Luncurkan Program Indonesia Olympic Champion

 NOC Luncurkan Program Indonesia Olympic Champion

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari /foto: instagram Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari

JAYAKARTA NEWS— Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) akan meluncurkan Program Juara Olimpiade Indonesia “Indonesia Olympic Champion” dalam upaya mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menjadikan ajang Olimpiade sasaran utama olahraga Indonesia ke depan.

Program Indonesia Olympic Champion tersebut disampaikan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari usai acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Arthotel Mangkuluhur, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Rapat yang menyusun program kerja 2022 serta merencanakan agenda pemusatan latihan nasional (pelatnas) ini digelar hingga Sabtu, 22 Januari 2022.

“Mempertahankan itu lebih sulit dari pada merebutnya. Program Indonesia Olympic Champion ini diluncurkan agar lebih banyak atlet Indonesia memiliki kualifikasi dan meraih medali di Olimpiade nanti. Kita akan fokus nomor-nomor andalan Olimpiade seperti bulutangkis, angkat besi, panahan dan panjat tebing,” kata Okto, panggilan akrab Raja Sapta Oktohari. Demikian dikutip dari rilis yang diterima redaksi.

Merah Putih sejatinya nyaris mendapatkan predikat tersebut pada Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2021. Namun, torehan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu, belum cukup membuat Indonesia mengungguli negara-negara Asia Tenggara yang lain.

Filipina lah yang akhirnya keluar sebagai negara Asia Tenggara terbaik di Olimpiade 2020 dengan raihan 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. “Pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Indonesia hanya jadi negara terbaik kedua di Asia Tenggara, di bawah Filipina,” katanya.

“Memang hanya berbeda satu perak (dari Filipina). Namun, (hasil) itu cukup berpengaruh (di posisi klasemen medali),” imbuhnya.

Okto menyatakan, Indonesia berpeluang untuk menambah satu lagi cabang olahraga (cabor) andalan medali di Olimpiade Paris 2024. Hal ini terkait dengan dipertandingkannya panjat tebing kategori speed pada pesta olahraga akbar dunia empat tahunan tersebut dimana Indonesia punya beberapa juara dunia seperti Veddriq Leonardo dan Aries Susanti Rahayu.

Selain itu, NOC Indonesia akan mengupayakan cabor lain demi menambah peluang medali dalam Olimpiade Paris 2024.***/rnl

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.