Nasi Tutug Oncom, Lekker Beneeerrr…

 Nasi Tutug Oncom, Lekker Beneeerrr…
Nasi Tutug Oncom, menu tradisional khas Tasikmalaya itu menjanjikan sensasi makan nasi yang berbeda. (Foto: Roso Daras)

SEKALIPUN Anda warga Pamulang…. Sekalipun Anda ber-KTP Tangerang Selatan, belum tentu mengetahui keberadaan Warung Nasi Tutug Oncom yang satu ini. Itu karena lokasi warung yang tertutup deretan ruko di depan kantor Kecamatan Pamulang. Tak jauh dari Unpam, tepatnya belakang Ruko Superindo. Alamat persisnya, Jl. Pamulang Permai Blok AX 33/20, Pamulang – Tangerang Selatan.

Itu artinya, kalau ada di antara pembaca yang mengetahui warung nasi tutug oncom ini, bisa dipastikan karena diberi-tahu teman atau diajak makan teman. Kemungkinan lain, Anda seorang pemburu kuliner, dan menemukannya setelah mengobok-obok google dengan aneka “kata kunci”.

Seberapa istimewa nasi tutug oncom Pamulang? Kalau orang Betawi bilang, “Lekker beneeeerrrr…..” Bahkan, penulis berani merekomendasikan, usai membaca artikel ini, meluncurlah ke sana. Setidaknya, masukkan dalam agenda kuliner Anda dan keluarga.

Tidak keliru jika nama menu ini adalah “nasi tutug oncom”. Masakan ala Sunda yang sudah mulai jarang ditemukan ini, letak istimewanya memang pada nasi gurih yang dimasak campur oncom. Tidak heran jika makan nasinya saja sudah enak, apalagi ditambah lauk yang pas di lidah.

Nasi gurih dengan sensasi rasa oncom, makin lekker dimakan dengan jambal asin dan sambal terasi. Jangan tanya bagaimana rasanya…. Sebab, rasanya serasa “lupa persoalan dunia”. Bahasa yang lazim Anda dengar, “mertua lewat kagak liat….”

Nah, nasi tutug oncom ini, kebetulan cukup adaptif dengan banyak jenis lauk. Bagi yang tidak suka ikan asin, santaplah dengan ayam goreng, pasti klop. Bagi penyuka tahu-tempe, makanlah nasi tutug oncom dengan tahu dan tempe, cocok. Bagi yang gemar menyuap nasi bersamaan kuah sayur, pesanlah sayur asem. Suaplah bersama-sama…. rasanya sedunia.

Singkat kata, letak istimewa Warung Nasi Tutug Oncom Pamulang ini memang pada nasinya. Nasi tutug oncom. Segala jenis lauk yang ada, sejatinya hanya pelengkap dan pemuas indera perasa. Ini sungguh bukan kata sembarang kata, sebab penulis sudah mencobanya makan nasi tutug oncom tanpa campuran lauk apa pun. Apa kata saya? “Lekker beneeeeeerrrr….”

Nasi tutug oncom disajikan dalam balutan bungkus daun pisang. Lalapan yang disertakan, antara lain daun poh-pohan yang sangat lezat itu, selada, timun, dan lain-lain. Selain sambal goang, mereka juga menyediakan sambal andalan yang diberi nama “sambal gubernur”. Jangan lupa siapkan tisu untuk menyeka keringat…..

Anda sudah mulai bertanya-tanya soal “harga”? Jangan khawatir, cukup ramah di kantong. Anda bisa memesa menu ala carte, misal nasi tutug oncom sendiri, tahu sendiri, tempe sendiri, sayur asem sendiri, dan seterusnya. Atau, Anda bisa lebih hemat dengan memesan menu paket. Misal, Paket Nasi Tutug Oncom Spesial, dibanderol seharga Rp 29.000. Isinya: nasi tutug oncom, ayam goreng nikmat, dadar telor, tempe bacem, kerupuk, sambal goang + lalap.

Anda rasa masih terlalu mahal? Baiklah, bagaimana kalau pilih menu Paket Nasi Tutug Oncom Komplit yang harganya Rp 24.000, lebih murah lima ribu rupiah bukan? Paket ini berisi, nasi tutug oncom, ayam goreng nikmat, bakwan jagung, dan sambal goang + lalap.

Warung nasi tutug oncom Pamulang yang sudah eksis sejak 2006 itu, masih menyediakan aneka menu lain seperti nasi timbel, nasi merah, nasi goreng, dan banyak lagi lainnya. Sayang, yang menarik hanya menu tradisional khas Tasikmalaya: Nasi Tutug Oncom. (roso daras)

Warung Nasi Tutug Oncom Pamulang, tampak lu(foto: ist/roso daras)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *