Narkoba Keok di Sini

 Narkoba Keok di Sini

ICELAND atau Islandia, menjadi negara paling berhasil di seluruh Eropa dalam menyingkirkan minuman keras, rokok, bahkan narkoba serta tawuran remaja dan pemuda. Keberhasilan Islandia bukan dengan penggrebekan dan aksi polisi –meski hal ini perlu dan pasti dilakukan. Tapi melalui langkah-langkah pembangunan sosial dan psikologis.

Mengetahui aspirasi dan harapan para remaja dan pemuda, menjadi titik paling penting untuk menggiring mereka dari kecenderungan perusakan diri dalam rokok, minuman keras, kebut-kebutan, tawuran, dan narkoba (narkotika dan penyalahgunaan obat-obatan), ke arah sebaliknya.

Dahulu itu, tepatnya 20 tahun lalu, masyarakat biasa takut keluar malam di tengah kota Reykjavik, ibukota Islandia, karena banyak remaja dan pemuda mabuk di taman-taman kota. Remaja usia 15 – 16 tahun yang mabuk mencapai 42%, pemakai ganja dan narkoba mencapai 17%, dan sebanyak 23% remaja dan pemuda merokok.

Sekarang …..di tahun 2016 hanya 5% remaja dan pemuda pernah mabuk, mereka yang memakai ganja turun jadi 7%, dan perokok juga tinggal 3% saja.

Bagaimana bisa…. Ikuti di judul-judul selanjutnya, yang merupakan tulisan yang diambil dari Majalah Mosaic ini. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *