Muaythai Bidik Sukses SEA Games & Asian Games

 Muaythai Bidik Sukses SEA Games & Asian Games

KEBERHASILAN Muaythai merebut tiga medali emas, satu perak dan dua perunggu dalam Kejuaraan Internasional Muaythai Martial Art di Bangkok, Thailand, 11-18 Maret lalu, merupakan hasil luar biasa. Terlebih, ajang ini diikuti para atlet dari 56 negara.

Hasil luar biasa itu makin mempertebal optimisme muaythai merebut emas pada SEA Games 2017 di Malaysia dan menatap sukses jika dipertandingkan pada Asian Games 2018. Sukses yang diraih dilalui melalui perjuangan berat. Persiapan dilaksanakan dengan biaya swadaya, lantaran dukungan pemerintah untuk persiapan menuju SEA Games 2017 belum turun, ternyata mampu menunjukkan prestasi gemilang.

“Ini hasil luar biasa. Apalagi atlet kita ada yang menang ko. Kami jelas bangga karena upaya kami dalam berkarya dengan swadaya membuahkan hasil. Tapi kami tidak boleh berpuas diri karena target kami ada di SEA Games 2017 dan Insya Allah juga merebut emas di Asian Games 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah,” ujar Ketua Umum PB MI, Sudirman kepada wartawan saat ditemui di lantai 11 Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta.

Indonesia mengirimkan 11 atlet ke Kejuaraan Internasional Muaythai Martial Art di Bangkok. Hasil gemilang tiga emas dipersembahkan oleh M Ridwan di kelas 48 kg, Madlani kelas 51 kg dan Zulbimantara kelas 54 kg.  Tiga emas itu dihiasi satu perak oleh Rinda di kelas 51 kg kemudian perunggu dari Jalu pada kelas 71 kg dan Jeksen Karmela di kelas 57.

Hasil yang membuat PB MI makin serius menempa para atlet untuk berprestasi di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. “Kami mentargetkan untuk mereih emas di SEA Games 2017 juga di Asian Games 2018,” jelas Sudirman.

Untuk itu, demi meningkatkan prestasi para atlet, PB MI telah menyusun program yang berksinambungan. Para atlet Pelatnas SEA Games dan Asian Games mulai 20 Maret lalu langsung melakukan training camp selama satu bulan di Angthon Institute Campus, Thailand. Mereka ditempa oleh dua pelatih asal Thailand dan didapingi dua pelatih serta satu wasit dari Indonesia.

Setelah pulang ke Tanah Air, para atlet andalan Indonesia itu akan tampil pada ajang Muaythai One di Ciater selama satu malam. Dalam ajang ini seluruh atlet terbaik Indonesia akan ambil bagian. Diperkirakan ajang yang digelar di daerah wisata itu akan dihadiri ribuan peserta.

Untuk ajang internasional, PB MI akan mengirimkan atlet Pelatnas SEA Games dan lapis dua ke Kejuaraan Dunia di Belarusia mulai 2 Mei mendatang. Dalam kejuaraan yang diikuti 100 negara ini, Indonesia berusaha meraih satu emas. Menyamai raihan 1 emas dan 2 perak pada Kejuaraan Dunia tahun lalu di Swedia.

“Pada bulan Juli kami akan mengirimkan atlet terbaik ke World Games di Polandia. Ini akan menjadi ajang uji coba terakhir atlet Pelatnas SEA Games. Doakan agar bisa meraih yang terbaik untuk Merah Putih,” ucap Sudirman yang juga Ketua Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI) itu. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *