Merebut Hati Masyarakat Papua Melalui Binmas Noken

 Merebut Hati Masyarakat Papua Melalui Binmas Noken

KEPOLSIAN Negara Republik Indonesia (Polri), melakukan terobosan baru dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat, khususnya di tanah Papua melalui program Binmas Noken. Program ini merupakan pendekatan preventif dan presentif (soft apprrach) Polda Papua melalui Satgas Khusus Binmas Operasi Papua dalam bentuk Binmas Noken untuk mengatasi beragam masalah di Papua.

Kepala Satgassus Binmas Noken Papua, Kombes Pol Dr Eko R Sudarto menjelaskan, Binmas Noken merupakan kelanjutan dari Binmas Pioneer yang pernah dilaksanakan di Papua pada 1993.

Penamaan Binmas Noken menurut Eko, diambil dari salah satu warisan budaya masyarakat Papua. “Noken bermakna sebagai sebuah sumber inspirasi, menampung keluhan, menamoung aspirasi, dan menampung segala macam saran dan pendapat dari masyarakat yang disampaikan melalui kepala suku,” jelasnya.

Noken dari makna harfiah adalah bagaimana mamak-mamak menampung kebutuhan melalui kegiatan sehari-hari, semisal belanja atau berdagang. “Dalam program Binmas Noken ini, Polri mengimplementasikannya dengan lebih banyak mendengar permintaan, keinginan dan harapan masyarakat,” kata Eko menambahkan. Mendengar, itu menjadi kata kunci merebut hati masyarakat Papua.

Berbagai bentuk pelaksanaan Binmas Noken pun dibuat untuk merebut dan menyatukan hati masyarakat dengan Polri dalam rangka membangun kepercayaan rakyat (trust bulding). Misalnya, anggota Binmas Noken turun ke sekolah-sekolah untuk mengajar. Ada lagi pelatihan dan pendampingan dalam bidang pertukanang, pertanian, perkebunan dan peternakan. Tidak ketinggalan pula sentuhan untuk urusan kesehatan.

Untuk bercocok tanam, antara lain diimplementasikan sesuai dengan karakter masyarakat yang tinggal di daerah pergunungan. Misalnya, beternak lebah, peternakan babi, dan peneternakan ayam super. Ternak ayam tersebut antara lain untuk menyuplai kebutuhan di Timika.

Hari ini, berbagai langkah yang dilaksanakan di Papua tersebut, akan didiskusikan dalam forum grup diskusi yang dilaksanakan di sebuah hotel di Jakarta. Harapannya, tim Binmas Noken akan banyak mendapat masukan dari berbagai stake holder di negeri ini yang mencintai Papua untuk sama-sama membangun dan merebut hati rakyat Papua.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *