Menpora: Bulutangkis Masuk Cabor Unggulan DBON

 Menpora: Bulutangkis Masuk Cabor Unggulan DBON

Menpora Amali/foto: kemenpora.go.id

JAYAKARTA NEWS— Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan, cabor bulutangkis ini menjadi olahraga yang sangat favorit di Indonesia dan punya sejarah yang panjang. Oleh karenanya bulutangkis menjadi cabor unggulan yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal tersebut di sampaikan Menpora Amali saat diwawancarai oleh CNN Indonesia terkait ‘Pembinaan Cabor  Bulutangkis’ secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (20/9). Demikian dikutip dari laman kemenpora.go.id

Di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), bulutangkis ditempatkan sebagai salah satu cabor unggulan. Dengan pertimbangan, Pertama,  bulutangkis ini sudah dipertandingkan di level Olimpiade dan konsisten menghasilkan medali.

“Kedua, bulutangkis memang olahraga yang banyak diminati oleh rakyat Indonesia. Ketiga, bulutangkis  cocok dengan fisik orang Indonesia. Karena itulah hasil diskusi kita dengan para pakar dan  para guru besar atau profesor akhirnya kita tempatkan menjadi cabor unggulan,” katanya.

Menurutnya, karena sudah masuk cabor unggulan, maka setiap urusan yang ada di bulutangkis baik dipembinaan sampai dengan pengiriman ke luar negeri, pemerintah ikut menfasilitasi. “Disitulah posisi bulutangkis di mata pemerintah,” jelasnya. 

“Bulutangkis kalau kita samakan dengan Brasil yang dikenal sebagai negaranya sepakbola maka Indonesia juga dikenal sebagai negaranya bulutangkis,” katanya.

Itulah sebabnya, lanjutnya, pemerintah memandang bahwa bulutangkis ini sebagai cabang olahraga yang harus diberi tempat karena disamping untuk sarana berolahraga masyarakat juga karena prestasinya. “Banyak atlet bulutangkis Indonesia yang main di level dunia, baik di All England, Thomas Cup dan series-series yang lainnya. Bahkan untuk mutieven seperti Olimpiade, Asian Games dan SEA Games atlet Indonesia selalu menghasilkan medali,” sambungnya.***/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.