Menko PMK Lari Keliling Dua Putaran Stadion Papua Bersama Para Atlet

 Menko PMK Lari Keliling Dua Putaran Stadion Papua Bersama Para Atlet

Menko PMK Muhadjir Effendy bersama para atlet bela diri pencak silat, tarung drajat, gulat, taekwondo, dan karate di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (10/9) pagi. (Foto:Kemenko PMK)

JAYAKARTA NEWS – Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 merupakan momentum sangat berharga bagi Provinsi Papua. Sebagai tuan rumah, wilayah Indonesia paling timur itu bisa memanfaatkan gelaran akbar pesta olahraga nasional tersebut untuk mendulang sukses.  

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berpesan ada tiga sukses yang harus dicapai oleh Provinsi Papua. Pertama, sukses penyelenggaraan PON XX. Kedua, sukses prestasi bagi para atlet Papua. Ketiga, sukses pembinaan atlet pasca-PON agar menjadi atlet berprestasi internasional.

“Karena itu, tiga ini supaya dijadikan program jangka panjang oleh Pemerintah Provinsi Papua. (PON XX Papua) ini harus dimanfaatkan betul karena momentum ini belum tentu datang dalam 10 tahun,” ujarnya saat duduk bersama para atlet kontingen Papua di rumput hijau lapangan Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (10/9) pagi.

Menteri yang hobi olahraga itu sebelumnya berjalan kaki sepanjang 2 km dari tempatnya menginap menuju Stadion Mandala. Disambut para atlet bela diri pencak silat, tarung drajat, gulat, taekwondo, dan karate, lalu mereka berlari bersama mengelilingi lapangan stadion sebanyak 2 putaran.

Wansi, atlet pencak silat Papua, salah satu yang ikut lari bersama Menko PMK mengaku sangat antusias dan semangat dalam menyambut gelaran PON XX Papua yang akan dihelat pada 2-15 Oktober mendatang.

“Saya ingin menjadi juara dan mendapatkan emas untuk mengharumkan nama Papua,” tuturnya.

Walaupun masih diselimuti pandemi dengan segala keterbatasan, kata Menko PMK, pesta olahraga terbesar nasional itu adalah awal yang bagus untuk kembali bangkit usai dua tahun terhimpit wabah Covid-19.

Menurut dia, sukses tidaknya PON XX Tahun 2021 di Papua sangat tergantung beberapa hal. Antara lain, semua venue dibangun dengan telah berstandar internasional sehingga jangka panjang ke depan dapat terus dimanfaatkan untuk pembinaan atlet-atlet bertalenta.

“Jadi nanti Papua akan kita arahkan menjadi pusat pembinaan talenta olahraga nasional. Talenta kan macam-macam, untuk yang olahraga akan dipusatkan di sini,” cetusnya.

Muhadjir meyakini melalui ajang PON XX, Papua akan mampu melahirkan atlet-atlet bertalenta yang nantinya akan menjadi atlet berprestasi internasional. Bukan hanya mengangkat derajat Papua di level nasional, lebih dari itu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Sebagai akhir rangkaian kunjungan kerja Menko PMK di Provinsi Papua, ia turut meninjau venue menembak yang berada di Lukas Enembe Stadium, Stadion Papua Bangkit. Secara keseluruhan, venue yang akan digunakan untuk penyelenggaraan PON XX sudah siap digunakan. (*/uli)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *