Menguak Fakta Menarik Trofi MotoGP Mandalika

 Menguak Fakta Menarik Trofi MotoGP Mandalika

Miguel Oliveira dan trofi kemenangannya—foto Instagram 88migueloliveira

JAYAKARTA NEWS— Salah satu yang menarik dibahas dalam perhelatan MotoGP Mandalika yang baru saja usai adalah trofi yang diterima ketiga pemenang, Miguel Oliveira, Fabio Quartararo dan Johan Zarco.

Trofi unik itu merupakan karya Tuksedo Studio Bali. Desain masing-masing trofi memiliki filosofi ‘obor’. Melambangkan ‘panasnya’ kompetisi di kejuaraan dunia MotoGP.

“Seniman Tuksedo Studi memilih bentuk ‘obor’ karena melambangkan menyalanya dan panasnya api kompetisi balap di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Api juga menjadi simbol inspirasi dari bangkitnya perekonomian Indonesia. Terutama pada sektor turisme yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Dengan harapan besar agar kita dapat sama-sama menjaga agar api dari ‘obor’ ini tidak pernah padam,” ujar Bamsoet usai penyerahan trofi pemenang MotoGP Mandalika dari Presiden Joko Widodo kepada rider Red Bull KTM Miguel Oliveira di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Minggu (20/3/22).

Pada trofi berbetuk ‘obor’ terdapat corak motif lokal yang melengkapi pola siluet Pertamina Mandalika International Street Circuit. Melambangkan para seniman Indonesia memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung dengan tangan sendiri (handmade) sebuah karya seni berkelas dunia.

“Semua trofi pemenang MotoGP Mandalika dibuat secara handmade oleh para seniman Indonesia di Tuksedo Studio. Sehingga mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para juara yang menerimanya, maupun bagi penggemar balap pada umumnya,” ujar Bamsoet.

Materi trofi, tambahnya, terbuat dari bahan dasar aluminium dan stainless steel sebagai representasi dari Tuksedo Studio. Tuksedo Studio sendiri merupakan spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade. Bergerak dalam bidang pembuatan kit car, modifikasi, re-kreasi, hingga restorasi kendaraan.

“Tuksedo Studio yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan mobil balap klasik dari bahan dasar aluminium, memilih bahan trofi menggunakan alumunium karena sifatnya yang ringan dan memiliki kekuatan yang tepat untuk menopang kecepatan tinggi. Selain membuat trofi MotoGP Mandalika, Tuksedo Studio juga membuat trofi bagi pemenang Moto2, Moto3, Asia Talent Cup di Pertamina Mandalika International Street Circuit,” ucapnya.***/bnt

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.