Mendagri Tito Karnavian Dukung Kejuaraan Karate Internasional Renzo

 Mendagri Tito Karnavian Dukung Kejuaraan Karate Internasional Renzo

Prof (Ris) Hermawan Sulityo (Patron Dojo Renzo), diterima Mendagri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D di Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022). (foto: Firman Hidayatullah).

JAYAKARTA NEWS –  Mendagri Mohammad Tito Karnavian mendukung penuh penyelenggaraan Renzo International Open Karate Championship (RIOK) 2022. Ia bahkan mengajak para karateka dalam dan luar negeri untuk datang dan berperan serta. “Jangan lupa pula, saksikan event karate internasional pertama setelah dua tahun kita didera pandemi Covid-19,” ujar Tito.

Kapolri ke-23 itu menyampaikan dukungan sekaligus kesediaannya hadir dan meresmikan RIOK 2022, saat menerima kunjungan Patron Dojo Renzo, Prof (Ris) Hermawan Sulistyo, Rabu (1/6/2022) di Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Kikiek, panggilan akrab Hermawan Sulistyo melaporkan kesiapan panitia penyelenggara. “Persiapan sudah 70 persen,” ujarnya.

Saat itu, Kikiek didampingi unsur Panitia Pelaksana (Panpel), antara lain I Putu Deddy Mahardika, Auni Tenri Langi Moehadi, dan Firman Hidayatullah. “Mohon kesediaan Bapak Mendagri untuk meresmikan langsung kejuaraan yang akan digelar tanggal 1 sampai 3 Juli 2022, di GOR Ciracas, Jakarta Timur,” ujar Kikiek.

Mendagri menyatakan kesiapannya mensupport kegiatan tersebut dan hadir untuk meresmikan kejuaraan yang memperebutkan Piala Mendagri. “Pesan saya kepada Panpel, persiapkan segala sesuatunya secara cermat. Ini adalah kejuaraan internasional. Nama bangsa dan negara ikut dipertaruhkan,” pesan Tito Karnavian.

Mendagri M. Tito Karnavian (kanan) menerima patron Dojo Renzo, Hermawan Sulistyo dan panitia pelaksana Renzo International Open Karate Championship (RIOK) 2022, Rabu (1/6/2022) di Widya Chandra, Jakarta. (foto: firman hidayatullah)

Sebelumnya telah diinformasikan, Dojo Renzo, Home of The Champions mengundang para karateka mengikuti “Renzo International Open Karate Championship” yang digelar 1 – 3 Juli 2022 di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Penyelenggara menyediakan total dana pembinaan sebesar Rp 22.500.000.

“Selain dana pembinaan, peserta bisa meraih kesempatan bertanding di luar negeri,” ujar Prof (Ris) Hermawan Sulistyo, patron Dojo Renzo.

Ada lima kategori pertandingan. Pra pemula (10 – 11 tahun) empat putra dan empat putri, Pemula (12 – 13 tahun) enam putra dan enam putri, Kadet (14 – 15 tahun) tujuh putra dan lima putri, Junior (16 – 17 tahun) enam putra dan lima putri, dan Senior (18 tahun ke atas) delapan putra dan tujuh putri.

Penghargaan bagi para pemenang dan peserta dibagikan kepada lima terbaik. Juara Umum 1 beroleh piala, piagam prestasi, dan uang pembinaan Rp 10 juta. Juara Umum 2, mendapatkan piala, piagam prestasi dan uang pembinaan Rp 7,5 juta. Juara Umum 3 beroleh piala, piagam prestasi dan uang pembinaan Rp 5 juta. Sementara pelatih terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa workshop karate di Jepang.

Audiensi Panitia Pelaksana Renzo International Open Karate Championship 2022 kepada Mendagri M. Tito Karnavian. (foto: firman hidayatullah)

Pendaftaran dibuka secara online tanggal 20 April – 26 Juni 2022, via email rioc2022@gmail.com. “Karena pendaftaran via online, maka tidak ada jam buka. Pendaftaran bisa dilakukan pada tanggal yang sudah ditetapkan jam berapa pun. Buka 24 jam,” kata Kikiek pula.

Adapun verifikasi data dan pembayaran dilakukan tanggal 29 Juni 2022 mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Sore itu juga dilanjutkan acara Technical Meeting, sampai pukul 18.00 WIB.

Jadwal pertandingan dimulai tanggal 1 sampai 3 Juli 2022 di GOR Ciracas. GOR Ciracas adalah asset Pemprov DKI Jakarta yang berada di Jl. Raya Bogor Km 25, Ciracas, Jakarta Timur. Tempatnya strategis bagi peserta luar DKI Jakarta dan sangat representatif digunakan untuk pertandingan karate hingga ke tingkat internasional. Kapasitas GOR Ciracas 1.500 orang, dilengkapi ruang transit, ruang ganti, toilet & shower, kantin, dan sarana parkir yang memadai.

Hermawan “Kikiek” Sulistyo menambahkan, kejuaraan yang diselenggarakan Dojo Renzo ini, mengacu pada WKF Rules versi terbaru, didukung sistem komputerisasi lisensi WKF Approved. Sistem itu diharap menciptakan pertandingan yang mengarah pada lahirnya prestasi, harmonis, serta dinamis. Penyelenggara mengutamakan pelayanan dan kenyamanan terhadap seluruh unsur peserta. “Kejuaraan ini juga akan disiarkan langsung melalui live streaming youtube,” tambahnya.

Adapun wasit juri yang akan memimpin pertandingan, ditunjuk oleh PB FORKI. Para wasit juri yang bertugas dipilih yang memiliki lisensi WKF, AKF, dan lisensi nasional. “Selama proses pendaftaran, pembukaan, pertandingan, hingga penutupan, kami menerapkan stadar protokol kesehatan,” ujar Kikiek.

Bertindak selaku Tournament Director, Bambang Gunawan (Dan VI), Technical Advisor, I Putu Deddy Mahardika (Dan V), Patron Renzo Sensei Kikiek (Dan IV). (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.