Melukis di Atas Jembatan Siluk

 Melukis di Atas Jembatan Siluk

Seorang pelukis Yogyakarta melukis di tepi Sungai Oya, Jembatan Siluk, Imogiri, Yogyakarta. (foto: rakhmat s)

Jayakarta News – Bumi Ngayogyokarto Hadiningrat. Beruntunglah bagi siapa saja yang berpijak di atasnya. Bumi yang dari bawah tak henti-henti mengeluarkan energi kreatif bagi para senimannya.

Seperti pemandangan Minggu pagi ini (5/7/2020), tak kurang dari 50 pelukis menyalurkan kreativitasnya di sekitar Jembatan Siluk, Imogiri, Bantul – Yogyakarta. “Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Sekolah Sungai Siluk,” kata Rakhmat Supriyono, salah seorang pelukis yang ikut dalam kegiatan itu.

Di antara 50-an pelukis, terdapat beberapa nama pelukis senior. Mereka antara lain Godod Sutejo, Totok Buchori, Nanang Widjaya, Ledek Sukadi, dan Liek Suyanto. Apakah ada hajat khusus? “Nggak ada… Ini kegiatan spontan para pelukis melepas kangen setelah lama tidak kumpul gara-gara pandemi,” tambah Rakhmat.

Dipilih objek di sekitar Jembatan Siluk, dan bekerjasama dengan Sekolah Sungai Siluk, bukan tanpa alasan. Sekolah alam yang terletak di Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta ini patut diapresiasi. Ia adalah potensi wisata edukasi yang luar biasa.

Sekolah Sungai Siluk adalah pengembangan dari Jembatan Edukasi Siluk yang telah lebih dulu hadir sejak tahun 2016. Sekolah Sungai Siluk berada di pinggir Sungai Oya. Di sana tersedia tempat bermain dan belajar bagi anak-anak. Selain kelas melukis bagi anak-anak, ada pula perpustakaan dan kedai yang dikelola para pemuda setempat.

Sungai Oyo atau Sungai Oya adalah sungai yang berhulu di lereng barat Perbukitan Gunung Gajahmungkur – Kukusan yang masuk wilayah administratif Desa Gunungan, Kecamatan Mayaran, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda menuju Imogiri atau Pantai Parangtritis, pasti melintasi sungai yang satu ini. (roso daras)

GALLERY:

Jembatan Siluk, Imogiri – Yogyakarta. (foto: Rakhmat S)
Melukis Jembatan Siluk, Imogiri – Yogyakarta (Foto: Rakhmat S)
Rakhmat Supriyono (kanan) dan sebagian pelukis yang mengikuti kegiatan melukis bersama di Jembatan Siluk, Imogiri. (foto: Rakhmat S)
Wisata Eduksi “Sekolah Sungai Siluk”. (foto: Rakhmat S)
Rakhmat Supriyono dan Ahmad Masih (Sanggar Bambu)
Suasana kegiatan melukis bersama di tepian Sungai Oya, Jembatan Siluk, Imogiri, Yogyakarta. (foto: Rakhmat S)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *