Melongok Desa Wisata Kandri Gunungpati

 Melongok Desa Wisata Kandri Gunungpati

DESA wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata.

Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga. Saat ini, Kota Semarang memiliki tiga buah kawasan desa wisata yang tersebar di berbagai wilayah Gunung Pati dan Mijen Kota Semarang. Desa-desa wisata tersebut adalah desa wisata Kandri, Wonolopo, dan Nongkosuwit.

Desa Kandri berada di Kecamatan Gunung Pati  Kotamadia Semarang dan merupakan desa yang masih alami dengan pemandangan alam serta keindahannya.

Desa ini merupakan desa wisata karena mempunyai banyak potensi mulai dari alam sampai dengan budaya aslinya yang masih dilestarikan. Terdapat juga kerajinan batik, sulam, serta budidaya belut. Selain itu, ada juga beberapa tempat wisata terkenal di Desa kandri salah satunya adalah Goa Kreo dan Waduk Jatibarang.

Letaknya yang berada di dataran tinggi, mempunyai hawa yang sejuk karena berada di dekat gunung Ungaran. Desa Wisata Kandri terbagi menjadi 4 RW dan total ada 26 jumlah RT. Dari keempat RW tersebut mempunyai ciri khas nya masing-masing. Seperti ada yang namanya wisata edukasi yang akan dijadikan sebagai kampung Inggris dan pendidikan alam.

Ada RW untuk area perkebunan yang dilengkapi dengan aneka buah. Dimana juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk outbond. Kemudian Rw berikutnya sebagai kawasan budaya, sebelumnya untuk pementasan kesenian berupa wayang kulit, wayang suket, ketoprak, jathilan, dan kesenian lesung.

Ada RW yang banyak warung makanan khas sebagai wisata kuliner. Jalur ke sini bila dari pusat Kota Semarang langsung saja menuju arah barat sampai di bundaran Kalibanteng belok ke kiri. Ikuti terus saja jalannya ambil arah ke daerah Gunung Pati, lihat petunjuk arah yang tersedia di sepanjang jalan. Dengan kendaraan pribadi kurang lebih 30-45 menit dari pusat Kota Semarang. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *