Madani Film Festival – Diikuti 22 Negara

 Madani Film Festival – Diikuti 22 Negara

Panitia selaku Board of Madani (foto Ipik)

JAYAKARTA NEWS – Mengusung tema Ufuk, Madani Film Festival (MFF) ke V diikuti 70 film dari 22 negara. Festival film internasional ini tetap dihelat di Indonesia, tepatnya di XXI Epicentrum (pemutaran film), Kineforum Studio Sjuman Djaya Taman Ismail Marzuki (diskusi, pergelaran musik) dan XXI Metropole (diskusi).

“Ufuk adalah batas terjauh dari pandangan kita, batas antara bumi dan langit. ‘MFF mengambil relung unik. Berposisi merayakan yang inklusif dengan mengambil isu terkini. MFF memunculkan film-film bertema Islam di kehidupan sehari-hari dalam berbagai aspek dan perspektif,” kata Direktur Perfilman, Musik dan Media Kemdikbud Ristek, Ahmad Mahendra ketika membuka MFF di Epicentrum, Jakarta, baru-baru ini.

Senada dengan sambutan Direktur Jenderal Kebudayaan, Dr Hilmar Farid bahwa MFF adalah festival film luar biasa. “Bertujuan keragaman, toleransi, dan mengangkat isu-isu penting lain. Penuh inisiatif dan terobosan baru,” papar Hilmar Farid.

Direktur PMM Kemdikbud Ristek, Ahmad Mahendra membuka MFF V (foto : Humas MFF)

MFF yang digelar 8 hingga 15 Oktober 2022 ini bersifat gratis dengan kuota terbatas ini tidak hanya berisi ajaran Islam yang inklusif dan moderat, tapi juga mengedepankan nilai-nilai manusia dan kehidupan Islam di banyak negara secara mayoritas dan minoritas.

“Film-film yang kita putar tentang keberislaman di banyak negara dan latar belakangnya, juga tentang mimpi dan harapan,” ungkap Krisnadi Yuliawan selaku Board of Festival.

Dalam pembukaan MFF dimeriahkan musik rap dan hip hop religi oleh Zein Panter dari Maluku, kemudian diputar film  ‘Perfect Candidate’ yang disutradarai Haifa al Mansour dari Arab Saudi. Film penutup adalah ‘Until Tomorrow’ dari Iran. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.