Lumban Bulbul, Eksotis tanpa Tiris

 Lumban Bulbul, Eksotis tanpa Tiris
Emil Murphy bersama Keluarga sedang menikmati salah satu fasilitas kapal kayu di pantai Lumban Bulbul. (Foto. Ist)

Jayakarta News – Banyak cara mengisi liburan. Ada yang spontan, ada yang direncanakan. Sebagian memilih wisata sejarah, sebagian lain memilih wisata kuliner, dan tidak sedikit yang memilih paket wisata lengkap: wisata alam, kuliner, sejarah, seni-budaya, dan wisata belanja.

Emil Murphy Sianturi, adalah salah satu warga yang memilih berlibur ke luar kota bersama keluarga. Warga kota Medan, Sumatera Utara itu memilih berwisata ke Balige.

“Alasan memilih Balige karena ada pantai yang indah namanya pantai Lumban Bulbul, yang berada di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Di samping itu juga dekat dengan Kecamatan Laguboti, kampung halaman orang tua aku,” ujar Emil.

Ia menempuh jarak Medan menuju Balige dalam waktu sekitar enam jam, melalui jalur Parapat. Bagi yang memilih alternatif perjalanan udara, bisa melalui Bandara Silangit. Jarak bandara Silangit ke Pantai Lumban Bulbul hanya sekitar 20 km. Jika lancar, waktu tempuhnya hanya sekitar setengah jam.

Pantai Lumban Bulbul termasuk salah satu objek wisata yang banyak diminati wisatawan lokal. Namun beberapa waktu terakhir, mulai banyak dikunjungi turis asing. Pantai ini memiliki keindahan panorama yang luar biasa. Di pinggir pantai terdapat pasir putih yang menjadi ciri khas objek wisata ini. Sementara, airnya juga tidak begitu dalam sehingga sangat cocok buat keluarga karena nyaman untuk anak-anak bermain.

Seperti bermain perosotan bisa langsung meluncur ke daerah air yang dangkal. Selain itu, di pantai ini terdapat tangga untuk melompat. Bagi yang gemar berfoto, tak perlu khawatir. Di objek Pantai Lumban Bulbul tersedia banyak spot selfie.

Salah satu spot foto di Pantai Lumban Bulbul. (Foto. Ist)

Kelebihan lain objek wisata ini adalah bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari tepi pantai. Jika kita lempar pandang lebih jauh, tampak pemandangan bukit-bukit serta hijaunya pepohonan yang terlihat dari kejauhan.

“Jadi yang membuat menarik di Pantai Lumban Bulbul itu para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas permainan di pantai pasir putih, misalnya dapat mengendarai ATV di tepi pantai, lalu menaiki kano, kapal kayu yang membawa kita mengitari tepi danau, banana boat, dan lainnya. Tarifnya bervariasi, tetapi relatif masih terjangkau,” ujar Emil seraya menambahkan, “kehadiran petugas pengawas pantai juga membuat kami merasa lebih tenang.”

Selain itu, di sekitar pantai ada pendopo untuk meletakan barang-barang bawaan. Pengelola menyewakan tempat penyimpanan aneka bawaan pribadi. “Dan pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk untuk datang ke pantai Lumban Bulbul. Hanya saja, bagi yang datang membawa mobil, kita cukup membayar uang parkir,” jelas Emil. Sebuah alternatif berlibur yang eksotis dan tidak membuat kantong tiris…. (Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *