Luar Biasa, Nilawaty Law Sandang Gelar Ratu Physique Model Asia 2022 di Usia 45 Tahun

 Luar Biasa, Nilawaty Law Sandang Gelar Ratu Physique Model Asia 2022 di Usia 45 Tahun

Nilawaty Law, juara Women’s Physique Model pada Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia 2022/foto: istimewa

JAYAKARTA NEWS— Luar biasa prestasi yang dicapai Nilawaty Law. Fen Fen, panggilan akrabnya, sukses menjadi juara Women’s Physique Model pada Kejuaraan Binaraga dan Fitness Asia di Pantai Marina Jety, Maldives yang berakhir Rabu, 20 Juli 2022.

Yang membuat Nyla Liu, nama panggungnya, semakin istimewa tatkala di usia 45 tahun, dia mendapatkan gelar Ratu Physique Model Asia 2022. Wanita kelahiran Kisaran, Sumatera Utara (Sumut), 18 September 1977 ini menyingkirkan peserta dari 24 negara yang turun di ajang event Asia tersebut.

“Saya sebagai seorang Putri Indonesia sangat bangga bisa ikut berpartisipasi dalam Kejuaraan bergengsi ini dan bisa membawa pulang medali emas untuk Indonesia,” katanya.

“Berkibarnya Sang Merah Putih dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya di Maldives ini semakin memicu semangat saya sebagai Puteri Indonesia untuk bisa berprestasi lebih lagi di masa yang akan datang,” tambahnya.

Tak ada masalah bagi Nyala Liu berangkat ke Maldives dengan biaya pribadi. Pasalnya, dia optimistis cabang olahraga (cabor) binaraga dan Fitness yang bisa membanggakan Indonesia itu akan mendapat perhatian dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Saya optimistis ke depan nanti cabor binaraga dan Fitness akan mendapat perhatian dari pemerintah,” tegasnya.

Cabor binaraga dan fitness, kata Nyla Liu, bisa menjadi favorit di kalangan wanita. Hanya saja, dia memberikan masukan perlunya perhatian khusus dalam hal pembinaan dan pelatihan. Begitu juga dengan ajang pertandingan yag perlu lebih dibenahi agar bisa lebih baik lagi dan mengarah terhadap olahraga industri.

Perjuangan Nyla Liu untuk mencapai prestasi puncak itu penuh jalan panjang. Memulai masuk gym usai melahirkan anak keduanya pada tahun 2011, Nyla Liu yang saat itu berusia 35 tahun kerap diejek karena bertubuh gendut.

Namun, dia tidak pernah menyerah. Tekadnya sangat kuat untuk menjadi sehat, bugar, dan kuat karena bagi dia Fit + Strong = Sexy, sebagaimana moto dia yang ditulis di Instagramnya @fenfitlicious telah terbukti.

“Saya dulu itu sering diejek setelah melahirkan anak kedua, ada sisa 18 kilo di badan, kebayang deh segede gajah karena saya tergolong cukup tinggi,” ungkapnya.

Dia mulai bergabung dengan gym setelah bayinya berusia satu tahun. Namun, saat mengikuti kelas fitnes, ia dikecam oleh para perempuan lainnya dan disuruh menjadi ibu rumah tangga karena olahraga angkat besi hanya untuk pria.

“Mereka bilang sudahlah jadi ibu rumah tangga dan sudah tidak muda lagi jangan pusing sama badan. Yang penting olahraga keringetan uda cukup katanya,” ujarnya.

Tak hanya soal urusan gym, Fen Fen pun mendapat cibiran lagi saat orang-orang melihatnya makan di loker dengan makanan diet ala Fen Fen yang tanpa minyak, tanpa garam dan dikukus.
“Betul dikata-katain lagi dikira saya sudah stres, kok sampai segitunya makan tanpa minyak, tanpa garam tidak ada rasa, tidak menikmati hidup, dan lain-lain. Menurut mereka kalau sudah ‘turun mesin’ pasti tidak bisa punya badan bagus apalagi sudah punya anak dua,” ujarnya

Cibiran orang-orang justru menjadikan semangat dan motivasi buatnya. ia ingin membuktikan bahwa pandangan orang-orang terhadap latihan angkat beban dan diet adalah salah.

Dengan semangat luar biasa dan seiring waktu berjalan, perubahan fisik yang diinginkan Nyla Liu terjadi. Itu yang membuat salah seorang temannya kaget. “Dia kaget melihat perubahan fisik saya. Dia bilang wow Fen Fen berubah banget, kamu operasi ya kok perut kamu bisa begitu? Saya pun tertawa dalam hati, apa pun kondisi kita, disyukurin saja yah karena pasti tetap akan ada orang yang tidak menyukai keberhasilan kita,” ungkapnya.

Fen Fen pun tetap menjalankan diet sehat naturalnya plus angkat beban yang ditekuninya sampai sekarang sebagai solusi hidup sehat. “Saya beruntung waktu itu memutuskan untuk memulai diet sehat sekaligus latihan angkat beban. Kalau diet saja nggak makan pasti kurus tapi apa yang terjadi di kulit kita nggak kencang. Dengan diet dan angkat beban dalam waktu yang bersamaan, maka otot akan terbentuk, lemak akan terkikis dan otomatis kulit juga tidak bleber malah jadi kencang dan singset,” katanya.

Nyla Liu lebih dikenal sebagai pengusaha, atlet wanita, penasihat transformasi wanita, dan influencer fitness & healthy lifestyle di Indonesia. Dia adalah owner “Fit by Meal” @fitbymeal, makanan sehat dengan konsep Meal Preps, founder aplikasi “Ayofit Indonesia Sehat”, dan Atlit yg di support menjadi Brand Ambassador “ANS Performance”.

“Saya ingin kasih tau ke ibu-ibu muda, saya saja memulai dari usia 35 tahun dan saya sekarang sudah 45 tahun masih bisa membentuk badan dan bugar seperti ini apalagi kalian yang jauh lebih muda. Saya juga memotivasi cewek-cewek yang takut angkat beban, sekarang justru banyak anak muda yang ikut angkat beban,” tutupnya.*** azh

Bio Data
Nama: Nilawaty Law
Panggilan: Fen Fen
Nama Panggung: Nyla Liu
Lahir : Kisaran, Sumut, 18 September 1977
Tinggi/BB : 169Cm/62kg
Profesi : Wiraswasta, atlit, ibu RT
Prestasi :

  • Medali Emas Kejuaraan Binaraga & Fitness Asia 2022
  • Peringkat 5 ICN Worldwide Sport Model Melbourne 2019.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.