Connect with us

Sport

Lolos 16 Besar, Shin Tae-yong: Tuhan Tahu Setiap Usaha Kita

Published

on

Timnas Indonesia Piala Asia 2023/foto: PSSI

JAYAKARTA NEWS— Keberhasilan Timnas Indonesia menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 sungguh luar biasa juga mengharukan. Keberhasilan ini memang bukan disebabkan menang pertandingan namun karena dampak kemenangan negara lain, tapi jika menengok perjalanan Timnas Indonesia, rasanya ‘kesempatan’ (masuk 16 besar) cukup pantas diterima. Seperti kata pelatih Shin Tae-yong, ‘Tuhan tahu setiap usaha kita’.

Ini lah pertama kali dalam sejarah persepakbolaan Tanah Air, Timnas Indonesia bisa menembus Piala Asia yang dihuni oleh tim-tim terkuat Asia, dengan peringkat yang jauh dari Indonesia.

Sebelum pertandingan Piala Asia, ranking FIFA Indonesia adalah 147 atau yang terendah di Grup D di mana Timnas bercokol di babak penyisihan. Tapi Timnas bisa mengalahkan Vietnam yang peringkat 95 meski dengan skor tipis 1-0, juga sukses menjebol gawang Jepang yang berperingkat 19 dunia, meski akhirnya kalah 1-3.

Peringkat Ketiga Terbaik

Kepastian Indonesia masuk 16 besar ini didapat seusai pertandingan Grup F antara Kirgistan melawan Oman berakhir imbang 1-1. 

Foto: PSSI

Indonesia lolos dengan predikat peringkat ketiga terbaik dengan mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan. Skuad Garuda kini berada di posisi keempat klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” kata Shin Tae-yong. 

“Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak,” sambungnya, dilansir situs resmi PSSI.

Pada momen laga Oman dan Kirgistan, seluruh pemain , pelatih, dan ofisial memang menonton laga tersebut. Mereka menonton di hotel tempat menginap di Doha, Qatar. Begitu hasil imbang dipastikan, para pemain, pelatih, dan ofisial tampak bersuka cita dan melakukan selebrasi di salah satu ruangan di hotel tersebut. 

Sementara itu, kapten Asnawi Mangkualam bersyukur atas pencapaian ini. 

“Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab do’a dan usaha kita,” kata Asnawi Mangkualam.

Pada babak 16 besar, skuad Garuda sudah ditunggu Australia di babak 16 besar. Duel akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024 mendatang.***din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *