Lezatnya Sate Gepuk Pulau Panggang

 Lezatnya Sate Gepuk Pulau Panggang

JIKA Anda berwisata ke Kepulauan Seribu, seharusnya mencoba makanan khas Kepulauan Seribu yang cukup enak. Makanan khas ini bisa dijumpai di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. Namanya sate gepuk alias.

Bahan utama sate ini  adalah daging ikan tongkol segar yang sudah dikeluarkan dari kulitnya, dicampur parutan kelapa bakar dan diberi bumbu. Sebenarnya mirip dengan otak-otak.  Bedanya, otak-otak dari ikan bandeng, sedangkan sate gepuk  berbahan dasar ikan tongkol.

Nama sate gepuk diambil dari cara membuatnya, yakni di tumbuk atau digepuk. Jadi, setelah daging ikan tongkol dikeluarkan dari kulitnya, daging itu ditumbuk bersama bumbu dan parutan kelapa agar bercampur dengan sempurna. Ikan Tongkol seberat satu kilogram, bisa untuk tiga hingga lima bungkus sate gepuk.

Setelah campuran daging ikan itu menyatu lalu dimasukan kembali kedalam kulit ikan tongkol sehingga bentuknya kembali seperti ikan tongkol. ikan ini selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang diatas bara api hingga matang. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *