Kunjungi Kemendagri, Satgas Lawan Covid-19 DPR Tanya Kesiapan Laksanakan New Normal

 Kunjungi Kemendagri, Satgas Lawan Covid-19 DPR  Tanya Kesiapan Laksanakan New Normal

Kemendagri terima kunjungan kerja Satgas Lawan Covid-19 DPR RI–foto puspen kemendagri

JAYAKARTA NEWS—Satgas Lawan Covid-19 DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Dalam Negeri. Kunjungan kerja dilakukan langsung oleh Wakil Ketua DPR RI yang juga Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad beserta anggota Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dan diterima langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 pada Kamis (28/05/2020).

Mengutip pers rilis Puspen Kemendagri, Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, kunjungan kerja dimaksudkan untuk berkoordinasi tentang pelaksanaan kebijakan Pemerintah New Normal, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di tempat kerja perkantoran, industri dalam rangka mendukung keberlangsungan usaha pada saat pandemi.

“Kami mengkoordinasikan atau berkoordinasi tentang bagaimana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkoordinasi dengan pemerintah daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam penanganan Covid maupun dalam pelaksanaan tantanan hidup baru atau new normal,” kata Sufmi Dasco.

Di samping itu, kunjungan kerja juga dilakukan guna mengetahui sejauh mana kesiapan Pemerintah dalam pelaksanaan tatanan kehidupan baru (new normal) dengan mengedepankan protokol kesehatan pada situasi pandemi Covid-19 pada sektor Pemerintahan Daerah seluruh Indonesia, termasuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Foto: Puspen kemendagri

“Kamudian kami tadi berkoordinasi paling tidak beberapa hal termasuk yang paling banyak ditanyakan adalah bagaimana nanti pelaksanaan Pilkada di Desember nanti dengan protokol kesehatan Covid yang direncanakan oleh Kemendagri, dan tadi sudah kita banyak sharing dan mendapatkan masukan serta kami apresiasi bahwa Kemendagri selama ini sudah banyak melakukan kerja-kerja dalam hal penanganan Covid, baik pada saat pandemik berlangsung maupun perencanaan ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Mendagri mengapresiasi langkah DPR RI dalam membentuk Satgas Lawan Covid-19. Menurutnya, langkah tersebut merupakan langkah yang strategis dalam merespon situasi krisis seperti pandemi Covid-19.

“Kami menerima kunjungan dari Satgas Lawan Covid DPR RI, pertama saya ingin memberikan penghargaan yang tinggi karena dibentuknya Satgas ini, saya selama dulu menjadi Kapolri, dalam keadaan krisis biasanya eksekutif yang bergerak, kemudian Satgas itu di tingkat karena lebih banyak operasional namanya Satgas.”

“Di legislatif jarang ada yang seperti ini, tapi karena ini krisis luar biasa dan kemudian dari DPR membuat Satgas yang bergerak secara operasional dan tetap dalam ruang lingkup tugas pokok fungsi dan kewenangan DPR sebagai pembuat dan pengawas, kita merasa sangat terbantu. Kenapa? Karena bisa menjadi sharing untuk diskusi, sama-sama bisa mendapatkan masukan,” tutur Mendagri.

Satgas yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ini juga dinilai selain dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam memerangi dan melawan Covid-19, juga membantu melakukan koordinasi lintas sektoral dalam menyikapi pandemi Covid-19.

“Satgas ini yang dipimpin oleh Pak Dasco, ini muter ke semua, masuk kemana saja bisa, ke eksekutif bisa, ke masyarakat banyak, memiliki daerah pemilihan sendiri, punya segmen masing-masing, ke non pemerintah juga bisa, dan otomatis beliau memiliki Satgas ini memiliki pemahaman yang sangat komprehensif, bisa mendukung dalam rangka pembuatan kebijakan dan juga bisa membantu juga dalam rangka mengkoordinasikan unsur-unsur dengan nonpemerintah,” papar Mendagri.

Tak kalah penting, kedatangan Satgas tersebut juga dinilainya dapat memberikan dorongan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di daerah, termasuk dalam menghadapi Pilkada di saat pandemi.

“Kemudian kedatangan Satgas ini memberikan dorongan yang sangat tinggi bagi kami untuk berbuat lebih maksimal dalam tugas untuk membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya berhadapan menghadapi masalah Covid-19,” pungkasnya.***/non

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *