Connect with us

Sport

Kontingen Wushu Indonesia Raih 4 Emas 3 Perak, Airlangga: Jangan Larut dengan Euforia Kemenangan

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Timnas Wushu Indonesia bentukan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto sukses menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak bagi Kontingen Indonesia pada The FISU World University Games 2021 Chengdu yang dihelat tahun 2023. Dan, cabang olahraga wushu tercatat sebagai cabor satu-satunya sebagai penyumbang medali bagi Kontingen Merah Putih. 

Setelah atlet taolu putri Nandhira Mauriskha menyumbang 2 emas dan atlet taolu senior putra Edgar dengan 2 medali perak, giliran atlet Sanda Indonesia yang juga menjalani Trainning Camp (TC) di China menunjukkan kemampuannya dengan menyumbangkan 2 emas dan 1 perak. 

Dalam pertandingan final kelas 52kg putri yang berlangsung di Chengbei Gymnasium Chengdu, China, Kamis (3/8/2023), Tharisa Dea Florentina yang tercatat sebagai mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES) merebut emas setelah mengalahkan Ruggieri MBV dari Perancis dengan skor 2-0. 

Sebelumnya, Tharisa juga meraih kemenangan dengan skor yang sama atas Turksoy Hancer Harriye dari Turkiye di semifinal. 

“Saya senang bisa naik di atas podium dengan menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia. Terimakasih pak Ketum PB WI yang telah memberikan perhatian terhadap Timnas Wushu Indonesia dengan fasilitas TC di China,” kata Tharisa. 

“Saya akan kembali konsentrasi menjalani program latihan untuk menghadapi persaingan ketat di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Dan, saya akan berusaha mempertahankan medali emas untuk kembali disumbangkan bagi Kontingen Merah Putih,” tambahnya.  

Kesuksesan Tharisa diikuti Laksmana Pandu Pratama yang tampil di kelas 52kg Putra. Di final, mahasiswa UNNES ini mengubur impuan Mehmet Demirci dari Turkiye dengan skor 2-0. 

Sebelumnya, Pandu, panggilan karibnya, menyingkirkan Abdurashitov S dari Uzbekhistan di perempat final dan Armen Phangcai dari Thailand di semfinal dengan skor yang sama. 

“Saya senang dan bangga bisa mempersembahkan medali emas bagi Kontingen Indonesia di Universiade ini. Setelah ini, saya akan kembali fokus menjalani program latihan untuk meraih medali di Asian Games 2023 Hangzhou,” kata Pandu.  

Sayangnya kesuksesan Tharisa dan Pandu gagal diikuti Bintang Reindra Nada Guitara yang turun di kelas 60kg Putra.  Mahasiswa UNNES ini harus puas mengantongi medali perak setelah di pertandingan final dipaksa mengakui ketangguhan atlet tuan rumah China, Yigu Ma dengan skot 0-2. 

Meski gagal mempersembahkan emas, Bintang telah menunjukkan kualitasnya dengan mengalahkan Shoja Panahigehkolaei dari Iran yang selalu merajai event internasional di semifinal. 

“Alhamdulillah dari atlet Sanda Indonesia mampu menyumbangkan 2 medali emas dan 1 perak bagi Kontingen Indonesia. Saya apresiasi penampilan mereka yang cukup banyak mengalami kemajuan baik fisik, teknik dan strategi sejak menjalani TC di China. Terimakasih pak Ketum PB WI dan juga Kemenpora yang telah memberikan fasilitas selama TC di China. Setelah ini, mereka akan kembali menjalankan program latihan dalam rangka menuju Asian Games 2023 Hangzhou,” kata pelatih Timnas Wushu Indonesia khusus Sanda, Mukhlis. 

“Pencapaian yang luar biasa dari atlet dan pelatih Timnas Wushu Indonesia. Semoga bisa dipertahankan sampai ke Asian Games 2023 Hangzhou,” timpal Manajer Timnas Wushu Indonesia Iwan Kwok.

Jangan Larut dengan Euforia 

Apresiasi kepada Timnas Wushu Indonesia juga disampaikan Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto atas keberhasilan menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak bagi Kontingen Indonesia di The FISU World Unuversity Games 2021 Chengdu. “Saya apresiasi kesuksesan Timnas Wushu Indonesia menyumbangkan 4 medali emas dan 3 perak. Ini merupakan buah dari pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan yang dilakukan PB WI dalam upaya meningkatkan prestasi wushu Indonesia,” kata Aitlangga Hartarto. 

Menko Bidang Perekonomian ini juga mengingatkan Timnas Wushu Indonesia untuk tidak terlarut dalam euforia dengan kesuksesan yang diraih di The FISU World University Games 2021 Chengdu. Sebab, katanya, Timnas Wushu Indonesia yang menjalani TC di China akan kembali menghadapi tugas berat di Asian Games 2023 yang akan berlangsung di Hangzhou, 23 September hingga 8 Oktober 2023.  “Saya minta jangan terlarut dengan euforia kesuksesan di The FISU World University Games. Tugas berat masih menanti di Asian Games 2023 Hangzhou. Fokus kembali latihan dan terus tingkatkan prestasi agar kembali memberikan yang terbaik bagi Kontingen Indonesia saat tampil di Asian Games 2023 Hangzhou nanti,” imbuh Airlangga Hartarto yang berharap Timnas Wushu Indonesia mampu memenuhi target mengulang sukses Asian Games 2018 Jakarta yang meraih 1 emas dan 1 perak, dan 3 perunggu. ***din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *