Kondisi Wali Kota Surabaya Rismaharini Semakin Membaik

 Kondisi Wali Kota Surabaya Rismaharini Semakin Membaik
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

JAYAKARTA NEWS— Kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini semakin membaik. Ia telah dipindahkan dari ICU ke bangsal rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo. Semua alat bantu yang sebelumnya dipasang di tubuh Risma pun sudah dilepas.  

Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser menyebut, dokter juga telah memperbolehkan Risma makanan lain di luar menu rutin rumah sakit. Risma, kata Fikser, mengaku bosan dengan makanan rumah sakit dan minta abon dan capcay.  Untungnya dokter memperbolehkan, asalkan bukan makanan pedas.

Risma keluar dari ICU pada Minggu (30/6). Sehari sebelumnya, saat masih di ICU, Sabtu (29/6), Presiden dan Ibu Negara, Iriana Jokowi, menjenguk Risma. Melalui putra sulungnya, Fuad Bernardi, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada rombongan Presiden beserta rombongannya yang sengaja datang untuk menjenguk. “Iya, ibu mengucapkan terima kasih ke semua tamu,” ujarnya, kepada awak media yang menghubungi disela-sela kepulangan presiden.

Presiden Joko Widodo dan istri, serta sejumlh pejabat datang menjenguk Waki Kota Surabaya Tri Rismaharini di RS Dr Soetomo, Sabtu (29/6/2019)–foto istimewa

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan pasangan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak dan Arumi Bachsin.

“Semua rombongan presiden masuk semuanya ke ruang ICU. Pak Jokowi mengatakan jangan mikir terlalu banyak, warga Surabaya sudah menunggu,” tutur Fuad Bernardi.

Selain Jokowi sehari sebelumnya pada Jumat (28/6) , Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistiano Dardak, juga menjenguk Walikota Surabaya 2 periode tersebut.

Direktur RSUD dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi dalam kesempatan itu memberikan keterangan kalau kondisi Risma sudah lebih baik dibanding hari-hari sebelumnya. Kendati demikian dia tidak bisa memastikan kapan Risma bisa keluar dari rumah sakit.

Kabar tentang sakitnya Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang sampai berhari-hari itu, menjadikan masyarakat bertanya-tanya tentang keseriusan penyakitnya. Apalagi dalam perjalanan perawatan selanjutnya, Tri Rismaharini dipindah dari RSUD Dr.R. Soewandhi ke RSUD Dr. Soetomo. Pada tubuh walikota perempuan pertama di Surabaya ini dipasang alat-alat pemantau kesehatan dan yang menangani ada sekitar 15 orang dokter.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dr Febria Rachmanita, hasil diagnosa dokter menyatakan Risma menderita sakit mag dan asma.

Sementara Kepala Humas RSUD Dr Soetomo, dr Pesta Parulian mengatakan serangan asma Risma memiliki gradasi. Kata Pesta, sejak dirawat di RSUD Dr. M. Soewandhie dan dirujuk ke RSUD Dr Soetomo, kondisi Risma sudah lebih baik dan stabil. “Artinya tidak segawat atau seberat saat (dirawat) di rumah sakit Soewandhie,” kata Pesta saat jumpa pers di Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo.

Dia mengaku masih mendalami apa saja yang terjadi pada Risma hingga memerlukan perawatan super intensif di rumah sakit. Untuk memantau kesehatan Risma, RSUD Dr Soetomo bahkan sampai menerjunkan 15 dokter spesialis untuk menangani kesehatan walikota perempuan pertama di Surabaya tersebut.***poedji

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *