Kisah Purbasari dan Purbararang

 Kisah Purbasari dan Purbararang

sumber: dongengceritarakyat.com

sumber: dongengceritarakyat.com

Dahulu di Jawa Barat, hiduplah seorang raja. Dia mempunyai dua orang putri. Si sulung bernama Purbararang, sedangkan adiknya bernama Purbasari.

Suatu hari, raja memilih Purbasari untuk menjadi ratu. Purbararang merasa iri dan kesal. “Harusnya aku yang menjadi ratu!” kata Purbararang.

Purbararang lalu menyuruh penyihir untuk mengutuk Purbasari. Seluruh tubuh Purbasari penuh dengan bisul berwarna hitam.

“Aku takut penyakit Purbasari akan menular, Ayah. Sebaiknya Ayah usir dia dari istana,” kata Purbararang. Akhirnya, raja terpaksa mengusir Purbasari ke hutan.

Selama di hutan, Purbasari berteman dengan banyak hewan. Salah satu temannya adalah seekor lutung. Lutung itu berwarna hitam. Purbasari memberinya nama Lutung Kasarung. Lutung Kasarung selalu menemani Purbasari ke manapun ia pergi.

Suatu malam, Lutung Kasarung menyuruh Purbasari mandi di sebuah telaga. Purbasari pun menurut.

Ketika sedang mandi, hal ajaib terjadi. Bisul di seluruh badannya tiba-tiba hilang. Kini, Purbasari sudah sembuh. Dia kembali ke gubuknya dengan gembira.

Sesampainya di gubuk, Purbasari terkejut. Dia melihat ada Purbararang di situ. Purbararang kesal karena Purbasari sudah cantik lagi seperti semula.

“Syukurlah penyakit kulitmu sudah sembuh. Tapi, seorang ratu harus memiliki suami yang tampan. Mana calon suamimu?” tanya Purbararang.

Purbasari kebingungan. Lalu, dia menarik Lutung Kasarung, “Ini calon suamiku,” kata Purbasari.

Mendengar hal itu, Purbararang tertawa. “Apa? Calon suamimu seekor monyet?” katanya.

Tiba-tiba, Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pangeran tampan. Ternyata, selama ini dia juga dikutuk. Kutukannya akan hilang kalau ada putri yang mau menikah dengannya.

Akhirnya, Purbararang meminta maaf pada Purbasari. Purbasari pun mau memaafkan kakaknya. Mereka lalu pulang ke istana dengan bahagia.

Dongeng dari Jawa Barat : Purbasari dan Purbararang

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *