Ketua RW Terpilih Mandi Kembang dan Mercon

 Ketua RW Terpilih Mandi Kembang dan Mercon

Ketua RW terpilih disiram kembang. (foto: nat)

Jayakarta News – Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) di Kelurahan Situgede Kota Bogor ternyata disambut meriah warga RW 01 Kampung Cilubang Lebak.  Tidak kalah ramainya dibanding Pemilu Kepala Daerah bahkan Pemilu Presiden.

Warga RW yang berbatasan dengan Kampus IPB University Darmaga ini sejak pagi sudah memadati lapangan futsal tempat acara pemilihan berlangsung. Acara yang digelar Minggu (28/6) ini berjalan tertib dan aman hingga saat perhitungan suara sore hari.

Pengamatan Jayakarta News bahwa prosesi pemilihan berjalan dengan standar layaknya pemilu legislatif.  Panitia Pemilihan lengkap berseragam.  Mulai dari pendaftaran peserta hingga keluar bilik coblos tidak lupa mencelupkan satu jari ke tinta biru.  Sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya.

Dimulai dari seremoni pembukaan dengan iringan penari ‘lengser’.  Salah satu jenis seni tari Sunda penyambut atau penghantar tamu yang dihormati masyarakat.  Penari menggiring tiga kandidat Ketua RW memasuki arena pemilihan. 

Kandidat nomor urut satu Didi Suryadi yang adalah RW incumbent.  Calon kedua Andri, pengusaha bengkel di Depok. Kandidat ketiga Suherman.  Dia seorang pedagang sayur mayur di Pasar Parung.

Jelang sore proses perhitungan suara oleh panitia pemilihan selesai. Perhitungan suara sangat seru dan ketat mengundang gemuruh sorak-sorai para pendukung.

Akhirnya Suherman meraih kemenangan dengan mengantongi suara dukungan 200 pemilih. Menyalip RW lama Didi dengan kekalahan tipis 196 suara pemilih. Kandidat Andri juga banyak mendapat dukungan yakni 185 pemilih. Hanya 11 suara yang tidak sah. Kebanyakan kesalahan karena memilih ganda.

Suasana pemilihan Ketua RW RW 01 Kampung Cilubang Lebak, Kelurahan Situgede Kota Bogor. (foto: nat)
Sesepuh masyarakat, H. Salim (80 thn lebih) tampak bersemangat ikut mencoblos walau dia harus dipapah. (Foto: nat)

Menurut tokoh Pemuda Situgede, Jaka Perdinan suasana pemilihan bisa dikatakan lebih meriah dari pemilu.  Tidak kurang dari 592 warga menyalurkan aspirasi mereka dari 966 warga yang terdaftar.  Pesta demokrasi di level kampung ini terbilang cukup sukses karena diikuti oleh 62 persen partisipasi masyrakat. Sedikit diatas angka partisipasi pemilu legislatif.

Walaupun dalam suasana ancaman wabah pandemi tidak menyurutkan semangat masyarakat.  Panitia tetap berusaha menjalankan protokol covid 19. Ada beberapa stiker pemberitahuan jaga jarak. Tersedia juga fasilitas cuci tangan dan sabun. Mungkin karena antusias masyarakat  tinggi membuat pesta rakyat itu ‘terpaksa’ mengabaikan protokol covid 19.

Kandidat terpilih Suherman tampak sumringah dan sujud syukur ketika mengetahui menang dengan sesi hitungan yang sangat ketat.  Diarak pendukungnya hingga ke posko pemenangan sangat meriah.  Selain yel-yel kemenangan, ada pesta kembang api dan mercon.

Herman nama akrab RW 01 yang baru terpilih tampak kewalahan juga menerima ucapan selamat atas suksesnya. Beberapa orang ibu tampak menyambu Herman dengan siraman air bunga tujuh ruoa.

Dia berjanji akan berusaha melayani warga dengan lebih baik lagi. Pengalaman baik RW terdahulu tentu akan menjadi pemicu semangat kerja kami.  “Bantu kami dengan doa dan dukungan aktif para tokoh,” harap RW yg tampak kalem ini. (nat)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *