Ketua DPR Minta Evaluasi Menyeluruh terhadap PPDB Zonasi

 Ketua DPR Minta Evaluasi Menyeluruh terhadap PPDB Zonasi
Ilustrasi–Beginilah suasana pendaftaran PPDB sistem zonasi di sebuha sekolah di Depok, Jawa Barat—foto poskota

JAYAKARTA NEWS— Kehebohan yang terjadi terkait pendaftaran Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) berbasis zonasi menjadi sorotan Ketua DPR Bambang Soesatyo.  Ia meminta agar Komisi X DPR bersama Kemendikbud, Dinas Pendidikan maupun para guru melakukan evaluasi secara keseluruhan dari prosedur dan sosialisasi pendaftaran PPDB berbasis zonasi tahun ajaran 2019/2020.

Adanya keluhan masyarakat, kata Bamsoet-begitu dia akrab disapa—baik yang disampaikan melakui media sosial maupun dalam pemberitaan media, merupakan salah satu indikasi kurangnya pemahaman masyarakat terhadap tujuan dan prosedur PPDB berbasis zonasi, serta adanya permasalahan jumlah pendaftar yang melebihi kuota calon peserta didik.

Ketua DPR Bambang Soesatyo–foto bambang soesatyo instagram

“ Mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan imbauan kepada orang siswa/I agar mencari tahu mengenai pendaftaran PPDB berbasis zonasi serta melakukan pendaftaran dengan tertib dan mengikuti aturan yang berlaku,” kata Bamsoet dalam rilis yang diterima redaksi.

Selain itu, lanjut Bamsoet, agar Kemendikbud juga mendorong pihak sekolah untuk memberikan pendampingan langsung kepada orang tua murid ketika melakukan pendaftaran PPDB, agar mereka mendapatkan arahan dan prosedur yang jelas. “Kemendikbud juga  agar mencari solusi apabila tempat tinggal siswa tidak masuk dalam zonasi,” tambahnya.

Dan, lanjutnya, yang juga harus diperhatikan adalah masalah keamanan di lingkungan sekolah agar suasana tetap kondusif walaupun jumlah masyarakat cukup banyak yang melakukan pendaftaran. “Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan ebrsama para guru agar tetap memperhatikan keamanan di lingkungan sekolah agar suasana tetap kondusif,” ucapnya. ***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *