Keroncong Kemayoran di Stasiun Gambir

 Keroncong Kemayoran di Stasiun Gambir

KAPAN terakhir kali Anda naik kereta api dengan stasiun keberangkatan Gambir? Jika Anda “beruntung”, bisa menyaksikan penampilan enam musisi keroncong bergaya klasik ala “Keroncong Kemayoran”. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong di lantai dua stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Alunan lagu-lagu keroncong dari masa ke masa, mengalir dengan sangat indahnya. Selain satu vokalis utama, sejumlah musisi lain ternyata juga piawai membawakan lagu-lagu keroncong. Penguasaan alat musik, terbilang baik. Alunan nada yang tertata dalam komposisi lagu, begitu padu dan kompak.

Tidak saja kemampuan menyajikan lagu-lagu yang apik, mereka juga mampu membuat pengunjung calon penumpang kereta api betah duduk berlama-lama di sekitaran stage tempat mereka performed. Jeda satu lagu ke lagu berikut, mereka selalu menanyakan kepada para penonton, barangkali ada yang me-request lagu. Dan benar…. satu dua penonton meminta lagu favorit masing-masing.

Bak grup profesional yang sudah kenyang jam terbang, semua permintaan lagu bisa mereka bawakan dengan baik. Apa pun permintaan lagu: pop barat, pop Indonesia, sampai campursari…. semua dibawakan dalam irama keroncong. Tak terasa… pengeras suara di peron stasiun, melantangkan kedatangan kereta. Dengan rasa enggan, para penumpang bangkit dari duduknya, menuju lantai paling atas, tempat kereta api tiba. Tidak sedikit di antaranya yang mendekat ke panggung, dan meletakkan sejumlah rupiah. (teks & foto: Roso Daras)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *