Kepemimpinan Muda dan Inkubator Bisnis

 Kepemimpinan Muda dan Inkubator Bisnis

Said Achmad Kabiru Rafiie, SE, MBA saat diundang dalam acara millenial talk on air Radio RRI. (Foto. Ist)

Oleh Said Achmad Kabiru Rafiie, SE, MBA

Perubahan itu selalu dibawa oleh kaum muda karena mereka yang akan membentuk masa depan, dan hal itu diutarakan dosen FISIP yang juga Ketua Inkubator Bisnis Universitas Teuku Umar (UTU), Said Achmad kabiru Rafiie saat diundang di acara millenial talk on air Radio RRI, Selasa (21/2020) di Mealaboh ibukota Aceh Barat.

Dalam talk show tersebut, ada tiga poin yang disampaikan Said Achmad Kabiru Rafiie yang menjadi pemikiran utama, antara lain yaitu saatnya millennial berkarya untuk Indonesia maju, karena, ini untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menaruh perhatian besar dan khusus kepada generasi milenial, diantaranya dengan mengangkat staf khusus presiden dari kalangan millennial yang bertugas untuk memberikan masukan dan saran kepada Presiden, disamping itu staf khusus millennial ini merupakan jembatan penghubung agar suara millennial Indonesia yang berjumlah 60 juta orang dapat dikomunikasikan dengan Bapak Presiden.

Selain itu, portfolio kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk pertama kalinya dipercayakan kepada tokoh millennial Indonesia, Nadiem Makarim sebagai sebuah terobosan baru untuk menciptakan pendidikan Indonesia yang mampu menjawab persoalan-persoalan dimasa yang akan datang.  Dengan amanah dan kepercayaan kepada millenial ini merupakan bertanda atau green light agar para millenial untuk mengambil peran dalam perubahan di republik ini.

Kedua millenial untuk turun langsung ke masyarakat dan memberikan solusi terhadap permasalahan dimasyarakat. Saatnya memberikan solusi dan turun langsung menjawab persoalan yang ada di masyarakat, millenial harus mampu berdikari dan menghasilkan inovasi baru, produk baru yang membantu masyarakat.

Inkubator bisnis adalah salah satu wadah yang membantu para anak muda dalam mengembangkan kreativitasnya sehingga mereka mampu melahirkan ide-ide kreatif dan mewujudkannya dalam bentuk produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Saya baru saja dipercayakan oleh Bapak Rektor Universitas Teuku Umar untuk mengembangkan inkubator bisnis ini agar dapat menjadi daya tarik bagi generasi millenial untuk berwiraswasta. Kita ingin lebih banyak lagi anak anak muda Meaulaboh yang menjadi pembisnis yang sukses,”

Yang terakhir millenial muda harus bersiap diri dan disiplin diri, seperti  ungkapan  seorang Jenderal US Navy Admiral William H. McRaven,  pendidik di pendidikan militer West Point Amerika Serikat “If you wanna change the world, start off by making your bed”, jika kamu ingin merubah dunia, maka mulailah dengan merapikan tempat tidurmu’, karena itu akan melahirkan semangat positif untuk melanjutkan hal lainnya. oleh karena itu millenial harus mampu mendisiplinkan diri, bangun lebih awal tidur lebih cepat, serta melengkapi diri dengan kemampuan soft skill.

Dalam hal ini sesuai dengan semangat perubahan untuk Indonesia yang disampaikan oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Gracia Billy Mambrasar saat bertemu di Istana Negara, ‘Indonesia membutuhkan anak muda yang jiwanya bergelora untuk menjadi lokomotif perubahan, para millennial yang menjadi Pemimpin masa depan Indonesia disektor pemerintahan, politik, pendidikan dan ekonomi karena merekalah tali pengikat kebhinekaan, lokomotif yang mentransformasikan ekonomi Indonesia’, kutipan pesan dari staf khusus Gracia Billy kepada millenial Aceh Barat. 

Yang tak kalah penting yaitu penguatan sumber daya manusia menjadi kunci suksesnya estafet kepemimpinan masa depan Indonesia. Oleh karena itu, kesempatan kuliah ke luar negeri melalui skema beasiswa dari LPDP, Fulbright, Australia Awards , Stuned, Turkish Government, dan beasiswa lainnya terbuka lebar untuk millenial. Kata said Achmad yang juga salah satu penerima beasiswa Fulbright ke Amerika Serikat dan Australia Development Scholarship ke Australia.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *