Kemenpora dan CdM Apresiasi Capaian Emas Pertama Indonesia di SEA Games Vietnam

 Kemenpora dan CdM Apresiasi Capaian Emas Pertama Indonesia di SEA Games Vietnam

Kakan Rusman dan Ardi Isadi/foto: NOC Indonesia

JAYAKARTA NEWS— Kakan Rusman dan Ardi Isadi tercatat sebagai penyumbang medali emas pertama bagi kontingen Indonesia dalam perhelatan SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam. Hasil manis ini ditorehkan duet Kakan dan Ardi, saat tampil di nomor Rowing-Men’s Lightweight Double Sculls dengan catatan waktu 07:01,385 mengalahkan wakil Filipina yang mencatat waktu 07:05.855 serta wakil Vietnam 07:08.605, saat berlangsung di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam, Rabu (11/5/2022).

Kementerian Pemuda dan Olahraga, mengapresiasi pencapaian yang dilakukan Kakan Rusman dan Ardi Isadi terhadap medali emas pertama bagi Indonesia pada pesta olaraga dua tahunan negara-negara ASEAN ini, terlebih, cabor dayung yang masuk dalam program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), sebelumnya melakukan pembinaan yang baik dan terukur.

“Kemenpora sangat mengapresiasi pencapaian para atlet yang sudah mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 Hanoi ini. Khususnya terhadap hasil yang dicapai Kakan Rusman dan Ardi Isadi dan tentu ini akan menjadi penyemangat bagi atlet kita lainnya, terpacu untuk mendapatkan hasil yang sama,” ucap Chandra Bhakti, selaku Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora.

Di sisi lain, Chandra Bhakti pun menyebut jika cabor dayung sudah diprediksi mampu berada dipodium tertinggi, sebagaimana proses yang sebelumnya dilakukan oleh tim review, sehingga hal ini menjadi motivasi bagi para atlet lainnya untuk mencapai target yang dicanangkan sebelumnya.

“Tentu ini menjadi tambahan motivasi bagi para atlet untuk dapat berprestasi di ajang ini dan tentu kita pun memohon doa dan restu masyarakat Indonesia untuk terus mensuport para atlet yang tengah berjuang bagi Merah Putih,” tutur Chandra Bhakti

“Insya Allah pada cabor-cabor lainnya sesuai dengan analisis yang telah dilakukan oleh tim Review sebagai proses seleksinya, semua cabang olahraga bisa memenuhi target-target yang sudah disepakati sebelumnya,” pungkasnya.

Selain emas pertama yang dipersembahkan Kakan Rusman dan Ardi Isadi, cabor dayung juga sukses menyabet emas keduanya melalui duet Sulpianto dan Memo di nomor Rowing-Men’s Double Sculls, usai mereka mencatatkan waktu 07:22.011 dengan mengalahkan wakil Thailand dan tuan rumah.

Kemudian menambah dua perak melalui performa Putri Agni Anugerah/Maslin Efrilia/Annisa Meilani Yahya/Dewi Purwanti saat tampil dinomor Rowing-Women’s Quadruple Sculls dan Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Julianti/Chelsea Corputty di nomor Rowing-Women’s Four.

Sementara itu, Ferry Kono selaku CdM Tim Indonesia untuk SEA Games mengaku bangga terhadap pencapaian para atlet Indonesia pada ajang kali ini. “Saya sebagai CdM sangat bangga dengan perjuangan atlet-atlet Indonesia. Cabor Rowing yang telah mempersembahkan medali emas dan perak perdana kita di SEA Games Vietnam, tepat satu hari jelang opening ceremony yang baru diadakan besok,” ucap Ferry Kono.

“Saya berharap medali emas yang diberikan di cabang olahraga rowing ini bisa menjadi pijakan awal untuk Tim Indonesia berpretasi lagi di hari-hari selanjutnya,” tambahnya.

Selain emas dari cabor Dayung, cabor pencak silat juga sudah bertanding dan dari hasil pertandingan kita mendapatkan 1 medali emas dan 2 medali perak. “Emas diberikan atlet kita ganda putri dan dua perak dari tunggal putri dan ganda. Mari kita doakan bersama agar bisa mendapatkan hasil terbaik untuk merah Putih,” pungkas Ferry Kono.***/din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.