Kebisingan Bandara Picu Tekanan Darah Tinggi

 Kebisingan Bandara Picu Tekanan Darah Tinggi

 

 

 

 

 

SEBUAH penelitian terbaru menemukan bahwa tingkat kebisingan bandar udara (bandara) dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Peneliti Yunani mempelajari 420 orang yang tinggal di dekat Bandara Internasional Athena, yang mana rata-rata 600 pesawat lepas landas dan mendarat setiap hari.

Peta yang dibuat selama pembangunan bandara, membagi daerah sekitarnya dengan tingkat kebisingan: kurang dari 50 desibel, 50 sampai 60 desibel (sebagai gambaran, 60 desibel adalah tentang tingkat kebisingan AC ruangan), dan lebih dari 60 desibel, sehingga peneliti dapat melacak paparan dari kebisingan tepat.

Sekitar dua pertiga penduduk tinggal di daerah yang secara teratur mengalami kebisingan pada tingkat 50 sampai 60-desibel, dan hampir setengahnya memiliki tekanan darah tinggi saat penelitian dimulai. Selama 10 tahun ke depan, ada 71 kasus hipertensi yang baru didiagnosis.

Studi tersebut yang dilaksanakan  Occupational and Environmental Medicine itu mendapati,  bahwa untuk setiap kenaikan kebisingan pada malam hari 10 desibel, maka terdapat risiko pengembangan hipertensi meningkat dua kali lipat. Aritmia jantung juga terkait dengan eksposur malam hari.

Tidak ada kaitan yang signifikan dengan stroke, diabetes atau hal-hal yang membuat jengkel perasaan seseorang karena kebisingan. Para peneliti mencatat, faktor usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok, olahraga dan faktor lain mempengaruhi tekanan darah.

Penulis utama, Klea Katsouyanni, seorang profesor biostatistik dan epidemiologi di Universitas Athena, mengatakan bahwa ini adalah salah satu penelitian pertama yang menunjukkan bahwa kebisingan di luar mungkin buruk bagi kesehatan kardiovaskular.

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *