Kapolri Berencana Bentuk Satgas Anti Politik Uang

 Kapolri Berencana Bentuk Satgas Anti Politik Uang
Kapolri Jend. Pol. M Tito Karnavian. (Antara)

 

KAPOLRI Jenderal Polisi Tito Karnavian berencana membentuk satuan tugas (satgas) anti politik uang pada Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) sebagai langkah pengawasan terhadap pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Supaya memberikan efek jera kepada masyarakat dan calon kepala daerah yang akan melakukan politik uang,” kata Tito di Jakarta Jumat.

Kapolri menjelaskan,  pihaknya telah mengkomunikasikan hal ini  dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan mereka menyambut baik rencana pembentukan satgas anti politik uang itu.

Menurut Tito,  dalam kaitan politk uang ini, Polri akan menangani kasus yang tidak dapat diselidiki oleh KPK, karena pelaku duduk sebagai pejabat eselon II atau di bawahnya. “Kalau (tersangka) yang kami tangkap bisa ditangani KPK, akan kami serahkan (ke KPK),” ujarnya.  .

Tito beralasan satgas anti politik uang itu perlu dibentuk lantaran masih banyak terjadi kasus politik uang yang melibatkan calon kepala daerah dan calon anggota legislatif karena biaya politik yang tinggi.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *