Kami pun Disambut Tikus-tikus Raksasa

 Kami pun Disambut Tikus-tikus Raksasa

AWALNYA berangkat dari dua rasa penasaran. Pertama, info banyak teman bahwa Kota Batu sangat recomended untuk berwisata bersama keluarga. Kedua, naik kereta api sekarang sangat mudah dan nyaman. Akhirnya, saya dan keluarga pun berwisata ke Kota Batu naik kereta api.

Pelajaran “jalan-jalan” mengajarkan hal penting: Persiapkan secara matang. Karena itu, satu demi satu langkah ke Batu pun dipersiapkan. Apalagi, ini bukan hanya perjalananku sendiri, tetapi juga bersama keluarga besar yang berjumlah 10 orang.

Booking tiket kereta api yang bisa dilakukan secara online, terbukti memang mudah. Kemudian untuk memilih tempat tinggal, kami prefer menyewa homestay daripada villa. Apalagi, pilihan homestay di Kota Batu ternyata sangat banyak. Dari banyaknya pilihan, kita bisa memilih yang sesuai.

Ketika hari H tiba, kami naik kereta api pukul 18.15, dan tiba di Stasiun Malang Kota pukul 10.05 WIB. Lumayan, lebih 15 jam perjalanan. Dari stasiun Malang, kami sewa kendaraan ke Kota Batu yang berjarak sekitar 18 km, dengan waktu tempuh kurang dari satu jam.

Homestay yang kami tuju, ternyata tidak jauh dari tempat wisata Jatim Pak-2, kurang lebih 10 menit pejalanan naik angkot yang melintas di depannya. Akan tetapi, hari pertama kami memilih untuk beristirahat. Keesokan harinya baru kami mengunjungi Jatim Park-2, tepatnya ke Secret Zoo, wahana terbaru grup Jatim Park.

Tiket masuk Secret Zoo adalah Rp 70.000 untuk hari Senin sampai Kamis, dan Rp 100.000 untuk Jumat sampai Minggu. Sedangkan untuk berkeliling area yang sangat luas, tersedia e-bike atau sepeda listrik bertarif Rp 100.000 untuk tiga jam.

Sekilas, koleksi binatang di sini lebih lengkap dibanding Taman Safari. Penataan kandang, penempatan binatang, juga lebih apik. Memasuki area Secret Zoo, kita disambung tikus raksasa.Binatang pengerat raksasa yang didatangkan dari Lousiana, Amerika Serikat ini, disebut nutria, atau dalam bahasa latin coypu.Berbeda dengan tikus biasa, maka nutria ini berkulit tebal. Bahkan kulit nutria banyak dijadikan tas dan jaket.

Tidak salah kalau pengelola Secret Zoo menempatkan binatang unik ini sebagai pembuka. Bayangan orang tentang hewan tikus yang menjengkelkan itu, langsung berubah menjadi kekaguman. Selain ukuran tubuhnya yang sebesar kucing dewasa, nutria ini juga ternyata mampu menyelam di air selama lima menit.

Selanjutnya, adalah deretan bintang kuskus, lemur, lalu kanguru.Jeda sejenak di food court, perjalanan jelajah Secret Zoo sampai ke area akuarium yang mirip Sea World. Lengkap dengan touch pool.

Lepas ikan-ikanan, kita masuk ke zona binatang buas. Tampak puma, leopart, macan kumbang, menyambut pengunjung dengan gerakan aktif. Menuju pintu keluar, kita akan melewati kandang monyet, orang utan, gorila, dan binatang perimata lain.

Tersedia juga area selfie dengan burung-burung cantik. Bagi yang mengajak serta anak-anak, juga tersedia fantasi land. Seorang penjaga mengatakan, kalau mau puas tidak cukup sekali datang. Hmm… benar juga. Rasanya perlu satu hari lagi menjelazah Secret Zoo. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *