Connect with us

Kabar

Juara “Kapolri Cup”, Bisa Masuk Bintara Polri

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Kejuaraan Karate Piala Kapolri (Kapolri Cup) 2024 menyediakan beragam hadiah menarik. Di antaranya, medali, piagam prestasi, trophy, dan uang pembinaan. Kejuaraan itu sendiri akan dilangsungkan 26 – 28 Juli 2024 di GOR Laga Tangkas, Pakansari, Cibinong, Bogor.

“Khusus Juara Best of The Best dan memenuhi persyaratan pendaftaran Bintara Polri, akan mendapatkan rekomendasi jalur Bintara Rekrutmen Proaktif,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Karate Piala Kapolri 2024, Brigjen Pol Eko Rudi Sidarto, di Jakarta hari ini (21/5).

Mengingat hadiah yang ditawarkan, maka panitia pun mengatur ketentuan peserta secara cermat. “Secara umum, ketentuannya tidak berbeda jauh dengan kejuaraan karate lazimnya, tapi ini sangat penting untuk diperhatikan calon peserta,” tambah mantan Wakapolda Papua, itu.

Ketentuan Peserta

Untuk lebih jelas, berikut Ketentuan Peserta kategori Open Tournamen (Umum):

  1. Peserta masing-masing kontingen tidak dibatasi, baik nomor perorangan maupun nomor beregu. (bagan sesuai undian dan tidak dapat dipindah-pindah).
  2. Pertandingan dapat dilaksanakan apabila setiap kelas kumite/kata perorangan minimal 2 (dua) peserta dan beregu minimal 2 (dua) regu. Apabila terdapat kelas perorangan 1 (satu) peserta dan beregu 1 (satu) regu maka tidak termasuk dalam perolehan medali.
  3. Untuk timbang badan wajib kategori Polri dan kategori Open diserahkan kepada masing-masing kontingen (toleransi berat 1 kg).
  4. Peralatan pertandingan sesuai standar WKF disediakan sendiri oleh masing-masing peserta.
  5. Panitia menyediakan P3K hanya sebatas di tempat pertandingan jika ada atlet yang harus dirujuk ke RS maka biaya ditanggung oleh kontingen yang bersangkutan.
  6. Pelatih dan manager yang akan mendampingi atlet di lapangan wajib mengikuti technical meeting.
  7. Untuk kelas kategori Polri dibatasi per kelas, kelas perorangan 2 atlet dan kelas beregu 1 regu dalam 1 kontingen.
Kapolres Tebo, AKBP Fitria Mega saat memperagakan gerakan karate kepada anak-anak yang ingin meniru dirinya yang sukses juara karate internasional SEA Games 1999. (Sumber Foto: Suwandi/KOMPAS.com)

Sedangkan Ketentuan Khusus Peserta Polri adalah sebagai berikut:

  1. Mendapat surat perintah mengikuti pertandingan dari Kasatker untuk perwakilan Satker Mabes Polri dan Kapolda untuk perwakilan Polda.
  2. Tidak ada peserta atas nama pribadi atau Polres/Polsek.
  3. Bagi atlet yang bertugas di Polres/Polsek mendapat rekomendasi dari Kasatwil untuk pertimbangan bergabung dengan tim perwakilan Polda.
  4. Tidak sedang terlibat/menjalani sanksi pelanggaran disiplin atau etik.
  5. Tidak sedang terlibat operasi kepolisian.
  6. Mekanisme pembuatan surat perintah, yaitu nama-nama calon perwakilan Polda didata oleh  Subbagrohjashor Bagwatpers Biro SDM kemudian nama-nama tersebut diajukan oleh biro SDM kepada Kapolda dengan jumlah dan kategori pertandingan sesuai ketentuan dari panitia bagi peserta Polri. Nama-nama yang disetujui kemudian dibuatkan surat perintah sebagai perwakilan Polda untuk mengikuti pertandingan.

Ketentuan Pertandingan

Adapun Ketentuan Pertandingan, diatur sesuai Kategori Open dan Festival. Untuk Kategori Open Tournamen sebagai berikut:

  1. Peraturan pertandingan menggunakan ketentuan WKF terbaru.
  2. Pertandingan menggunakan sistem gugur.
  3. Kelas pra usia dini mulai dari babak penyisihan sampai babak final memainkan kata dasar  (boleh tidak berurutan). usia dini dan pra Pemula pada babak penyisihan memainkan Kata 4 dan kata 5 (sesuai babak) dan saat babak final memainkan WKF kata List.
  4. Pemula s.d senior dari babak penyisihan sampai dengan babak final menggunakan WKF kata list.
  5. Perebutan medali, kata beregu (junior dan senior), memainkan bunkai durasi 5 (lima) menit,  dihitung mulai pada saat hormat pertama didalam tatami sebelum memainkan kata dan hormat kedua setelah memainkan bunkai.
  6. Pada pertandingan kumite wajib menggunakan perlengkapan pertandingan sesuai ketentuan WKF.
  7. Pelatih yang mendampingi atlit bertanding, wajib menggunakan training suit dan sepatu olahraga.

Sedangkan Kategori Festival:

  1. Pertandingan kata dan kumite menggunakan sistem bendera
  2. Pertandingan kumite durasi 1 menit atau 3 point pertama

Lain-lain

  1. Akomodasi dan transportasi merupakan tanggung jawab masing-masing kontingen, panitia hanya sebatas merekomendasikan
  2. Jika terjadi hal-hal di luar batas kemampuan panitia, seperti bencana alam, kerusuhan, amuk massa, demonstrasi dan lain-lain yang mengakibatkan pembatalan/penundaan kejuaraan maka kerugian yang dialami seluruh kontingen menjadi tanggung jawab kontingen
  3. Hal-hal yang belum ditentukan mengenai peraturan pertandingan, akan ditentukan saat Technical Meeting. (*)
Continue Reading
Advertisement
2 Comments

2 Comments

  1. Widodo

    May 22, 2024 at 6:40 pm

    Pada rekrutmen Bintara pro aktif ada beberapa cabor yang tertulis untuk bisa mendaftar daftar tes tsb diatas. Semoga Bapak Kapolri berkenan memberikan kesempatan event piala Kapolri pada cabor lain di seluruh wilayah Indonesia.anak saya atlet renang Jawa timur dan bercita-cita menjadi Polisi lewat jalur rekrutmen pro aktif.Untuk mengabdi kepada negara Indonesia.daftar 3kali gugur di sidang akhir.semoga pada tes berikutnya berhasil diterima Amiin terima kasih Bapak Kapolri.

  2. Mul Tuqairul Arif R

    May 22, 2024 at 10:07 pm

    Ada gak cabor lain pak, saya atlit angkat besi pak, pengen juga jadi polisi, saya udh 5x gagal tes TNI/POLRI pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *