Connect with us

Entertainment

Jonathan Kuo Bawakan Karya Tchaikovsky dan Mozart

Published

on

konser musik klasik bertajuk ‘Steinway & Sons Present Young Steinway Artist Gala Concert’

Jakarta Sinfonietta sukses menggelar konser musik klasik bertajuk ‘Steinway & Sons Present Young Steinway Artist Gala Concert’ di Aula Simfonia, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (7/10/2018). Konser musik klasik tersebut sekaligus peringatan kematian komposer andal asal Rusia, Pyotr Ilyich Tchaikovsky, yang ke-125. Ia juga bawakan konserto piano dari opus no 21 dalam C Major K 467 Mozart  (allegro maestro, andante dan allegro vivace assai).

Gelar konser resital solo Jonathan Kuo bawakan karya legendaris–foto istimewa

Jonathan dan Jakarta Simfonietta (dengan 53 piece) membuka konser tersebut dengan lantunan Suite Nutcracker, musik ciptaan Tchaikovsky pada 1892. Lagu itu digunakan sebagai musik latar pertunjukan balet, The Nutcracker, sekaligus menjadi salah satu karya terpopuler sang komposer hingga kini.

Pianis 16 tahun itu kembali memukau lebih dari 1.000 khalayak konsernya lewat tiga karya Tchaikovsky lainnya: Allergo con spirito, Andantino semplice, dan Allergo con fuoco. Ketiga karya musik itu diciptakan Tchaikovsky sepanjang periode 1840-1893.

Pada kesempatan itu, Jonathan juga mendapatkan penghargaan sebagai Young Steinway Artist oleh Steinway & Sons, sebuah produsen piano asal Manhattan, Amerika Serikat. “Penghargaan ini merupakan kehormatan bagi saya. Latihan keras selama 6 jam sehari akhirnya bisa membuahkan hasil memuaskan,” ujar Jonathan seusai konser.

Diakuinya, menggelar tur di beberapa negara seperti Malaysia dan China bukanlah hal mudah. Apalagi dia harus membawakan karya legendaris milik Tchaikovsky. “Sulit mempertahankan emosi agar stabil (sepanjang pertunjukan). Karena lagu itu kan berdurasi 40 menit, jadi kalau enggak konsentrasi semuanya bisa berantakan,” imbuhnya. (pik)

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *