Jokowi Resmi Membuka Asian Para Games III 2018

 Jokowi Resmi Membuka Asian Para Games III  2018

Asian Para Games 2018 resmi digelar–foto INAPGOC

Asian Para Games 2018 resmi digelar–foto INAPGOC

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Asian Para Games III yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (6/10/2018) malam. “Melalui Asian Para Games 2018 ini, Indonesia ingin merayakan persaudaraan kita, menunjukkan kegigihan dan prestasi, dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan,” kata Presiden dalam pidatonya.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya nyatakan dengan resmi Asian Para Games dibuka! Selamat berjuang, sukses!” ,” papar Jokowi.

Pada acara pembukaan itu, Presiden didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD-RI Osman Sapta Odang dan Menpora Imam Nahrawi.

Acara pembukaan dimulai pukul 19.00 WIB. Sebelumnya upacara pembukaan disuguhkan sejumlah pertunjukan. Salah satunya pertunjukan batik. Panitia juga menyuguhkan tarian dan nyanyian. Selain itu juga ada parade atlet.

foto-INAPGOC

Asian Para Games 2018 mengangkat tema Inspiring Spirit And Energy of Asia. Ajang olahraga itu digelar 6-13 Oktober 2018. Acara Pembukaan Asian Para Games mengusung konsep We Are One, dengan tagline ‘Keberagaman Kita, Kekuatan Kita’.

Seluruh rangkaian acara dilakukan di logo berbentuk lingkaran merepresentasikan keharmonisan negara-negara di Asia. Negara Asia mengklaim, Indonesia cocok merepresentasikan tagline We Are One.

Indonesia bukan cuma menerima keragaman, tapi juga merayakan perbedaan. “Dari satu, lahir beragam karya, dari keberagaman lahir persatuan,” ungkap Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari.

Upacara pembukaan ini melibatkan 849 pemeran yang akan memerankan 2.604 karakter. 40 diantaranya akan diisi oleh penyandang disabilitas. Dibantu oleh tim berkekuatan 207 orang.

Selain manusia akan digunakan 4.816 properti 1.304 kostum, dan 514 topi untuk memeriahkan pembukaan pesta olahraga para penyandang disabilitas terbesar se-Asia ini.

Gelaran Asian Para Games ke-3 ini mempertandingkan 18 cabang olahraga dengan 8 cabang pertandingan. Sebanyak 3.000 atlet dari 43 negara peserta berpartisipasi dalam perhelatan ini.***azhari

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *