Connect with us

Kabar

Jembatan Kajar Kuning Memudahan Akses Lumajang-Malang dan Memulihan Sektor Ekonomi

Published

on

LUMAJANG, JAYAKARTANEWS— Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meresmikan secara langsung Jembatan Kajar Kuning Jumat(19/8) di Desa Sumberwuluh, Kec. Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Keberadaan jembatan ini merupakan bukti sinergi antara Pemerintah dan stakeholder demi memulihkan akses yang menjadi salah satu faktor pengungkit pemulihan ekonomi. Sehingga akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dari Lumajang ke Malang.

Jembatan yang dibangun melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Aurum Infinitium Solaris ini merupakan wujud sinergi pemerintah dan swasta untuk mengungkit pemulihan ekonomi pasca terjadinya erupsi Gunung Semeru.

Seperti diketahui, erupsi tersebut antara lain mengakibatkan putusnya Jembatan Geladak Perak yang menghubungkan akses Lumajang – Malang.

Atas diresmikannya operasional jembatan ini, Gubernur Khofifah berharap akses ekonomi serta mobilitas masyarakat sekitar menjadi lebih mudah dan lancar.

“Semoga jembatan darurat ini bisa berdampak baik pada peningkatan mobilitas masyarakat Lumajang utamanya yang akan ke Malang,” ungkap Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Jembatan penghubung darurat ini merupakan jalur pengiriman logistik ke wilayah Pronojiwo dan Tempursari. Mengingat, Jembatan Gladak Perak sebagai akses utama masih dalam proses perbaikan.

“Insyaallah Jembatan Gladak Perak akhir tahun selesai pembangunannya dan bisa digunakan kembali,” ujar Khofifah sapaan lekatnya

Selain sektor ekonomi yang dipercaya Khofifah bangkit dengan adanya jembatan ini, ada pula sektor pendidikan yang turut ikut beriringan didalamnya.

Sebagai informasi Jembatan Kajar Kuning telah dibangun sejak Februari lalu dan selesai dibangun dalam jangka waktu 6 bulan. Peresmian dilakukan dengan menandatangani prasasti peresmian dan pemotongan pita di Jembatan oleh Gubernur Khofifah didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan CEO PT Aurum Infinitum Solaris Cylvie Nuraini Isa.

“Dengan memohon rido dan Barokah Allah SWT, Jembatan Kajar Kuning saya nyatakan resmi beroperasi dan semoga bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Menyapa warga yang hadir dalam peresmian jembatan yang menghubungkan Desa Kajar Kuning dan Desa Curah Kobokan ini, Khofifah turut mendoakan keberlangsungan hidup masyarakat agar tetap sehat secara fisik dan rohani.

“Mudah-mudahan semua yang hadir disini sehat fisiknya, sehat batinnya dan sehat dompetnya,” sapanya disambut aminnya warga.

CEO PT Aurum Infinitum Solaris Cylvie Nuraini Isa mengungkapkan bahwa jembatan ini merupakan sebuah bentuk program Coorporate Sosial Responsibilty. Harapannya, jembatan ini mampu meningkatkan mobilitas dan koneksitas antara Lumajang dan Malang usai dampak erupsi semeru melumpuhkan jalur akses masyarakat.

“Kami bersyukur bisa ambil bagian dalam upaya percepatan pembangunan Jembatan Kajar Kuning bersama Pemkab Lumajang dan Pemprov Jatim. Terima kasih atas kerjasamanya semuanya,” kata Cylvie.

Selain itu, dirinya juga turut memberikan program ketahanan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan UMKM yang digelar di Pendopo Kab. Lumajang hari ini.

“Harapannya konektivitas dan ekonomi masyarakat terbangun dengan baik serta tersinergikan,” ucapnya

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PT Aurum Infinitum Solaris dan Gubernur Khofifah atas kehadirannya secara langsung dalam meresmikan jembatan penghubung darurat ini.

“Jembatan ini sangat membantu koneksitas pengiriman logistik baik dari dan ke Lumajang via Malang. Terima kasih atas program CSR yang diberikan PT Aurum juga terima kasih kehadiran Ibu Gubernur yang hadir langsung untuk meresmikan,” pungkasnya. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *