Jatim Kembali Sabet Juara Umum Lomba Wana Lestari 2022

 Jatim Kembali Sabet Juara Umum Lomba Wana Lestari 2022

Wakil Jatim saat menerima penghargaan (foto: istimewa)

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS– Provinsi Jawa Timur kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional. Dalam Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jawa Timur berhasil menyabet juara umum. Dari 5 kategori yang diikuti, semuanya meraih peringkat terbaik.

Rincinya; Terbaik I kategori Kelompok Tani Hutan, Terbaik I kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Terbaik I kategori Kader Konservasi Alam dan Terbaik I kategori Kelompok Pecinta Alam. Dan Terbaik II untuk kategori Penyuluh Kehutanan ASN.

Yang membanggakan, ini menjadi kali kedua berturut turut dimana Jawa Timur juga berhasil menjadi Juara Umum di ajang Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tahun 2021.

Atas prestasi ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasinya. Khususnya para para juara, para insan rimbawan Jawa Timur. Dikatakan Khofifah mereka telah mendedikasikan tenaga, pikiran, dan waktu dalam melestarikan lingkungan dan alam Jawa Timur.

Khofifah juga sangat mengapresiasi kinerja Aparatur Sipil Negara Penyuluh Kehutanan yang terus menerus melakukan pendampingan pemberdayaan masyarakat. Khususnya dalam hal peningkatan produktifitas aneka usaha kehutanan kelompok masyarakat sekitar hutan, sehingga kelestarian hutan dapat terjaga dengan partisifasif masyarakatnya.

“Terima kasih pada para insan rimbawan yang telah membawa harum nama Jawa Timur. Lebih dari itu, terima kasih juga kami sampaikan atas seluruh dedikasi yang dicurahkan dalam melestarikan hutan, lingkungan, dan alam Jawa Timur,” kata Khofifah kepada awak media di Gedung Negara Grahadi, Jumat (2/9).

Menurut Khofifah, apa yang dilakukan para insan rimbawan adalah upaya yang bukan hanya membawa kebaikan untuk hutan dan alam hari ini. Melainkan manfaat pelestarian akan bisa dirasakan hingga generasi mendatang.

Sebab melestarikan alam, menjaga lingkungan adalah upaya jariyah dalam melindungi habitat hidup manusia dan juga ekosistem flora dan fauna di dalamnya.

Yang tentu saja, hal tersebut bukan hanya tugas dari para penyuluh kehutanan, kelompok tani hutan, maupun pegiat pecinta apam saja. Melainkan Seluruh masyarakat yang ada di bumi ini.

Karena, menurut Khofifah, urip iku urup. Yang maknanya hidup dalah untuk menghidupkan yang lain. Bukan sebaliknya. Sehingga pelestarian alam dan lingkungan harus berseiring dengan segala tindak tanduk manusia.

“Terlebih saat ini, ketika kita sedang giat melakukan kegiatan pemanfaatan hutan agar memiliki manfaat ekonomi sehingga mampu menyejahterakan masyarakat dan kelompok tani hutan. Harapan dan pesan saya adalah upaya ekonomi tetap harus ramah alam ramah lingkungan. Sehingga manfaat ekonomi bisa didapatkan, dan alam kita tidak tersakiti,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Lomba Wana Lestari adalah salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme penilaian tertentu.

Pada Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2022, Provinsi Jawa Timur mengirimkan peserta untuk 5 (lima) kategori lomba.

Kategori Penyuluh Kehutanan ASN diwakili oleh Sdri. Yanti Dwisulistyo Rahayu, S.Hut dari CDK Wilayah Nganjuk, Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat yang diwakili oleh Sdr. Jais dari CDK Wilayah Malang, Kategori Kelompok Tani Hutan yang diwakili oleh KTH Kepuh dari CDK Wilayah Nganjuk, Kategori Kader Konservasi Alam yang diwakili oleh Sdr. Slaman dari CDK Wilayah Sumenep, dan Kategori Kelompok Pecinta Alam yang diwakili oleh KPA Gempa Adventure dari CDK Wilayah Pacitan.

Pengukuhan Jatim sebagai Juara Umum di ajang Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tahun 2022 dilakukan pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2022, lalu oleh Prof (HC), Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Arboretum Ir. Lukito Dayadi, M.Sc. Gedung Manggala Wanabakti Jakarta. Menteri LHK tersebut secara langsung melakukan penyerahan trophy dan piagam penghargaan kepada para juara lomba wana lestari.

“Semoga dengan keberhasilan ini dapat menjadi penyemangat Penyuluh Kehutanan ASN, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Kelompok Tani Hutan, Kelompok Pecinta Alam dan Kader Konservasi Alam dalam menjaga dan merawat alam Jawa Timur lebih lestari dan memberikan kesejahteraan sebesar-besarnya bagi masyarakat Jawa Timur, optimis Jatim Bangkit,” pungkasnya. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.