Connect with us

Entertainment

‘Jahanam’ Menembus Oscar

Published

on

JAYAKARTA NEWS—– Komite Seleksi Oscar Indonesia telah memutuskan film ‘Perempuan Tanah Jahanam’ (PTJ) alias ‘Impetigore’ sebagai utusan resmi Indonesia untuk berlaga di ajang Oscar ke 93 tahun 2021 untuk kategori The International Feature Film Awards.

Film PTJ yang disutradarai Joko Anwar produksi Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, C J F&M Division dan Rapi Films. Komite Seleksi Oscar Indonesia dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) terdiri atas 13 anggota dengan Ketuanya Garin Nugroho. Ke 13 anggota Komite Seleksi tersebut adalah Alim Sudio, Tya Subiakto, Benny Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia, Yudi Datau, Deddy Mizwar, Zairin Zain, Garin Nugroho, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid dan Titien Wattimena.

Komite Seleksi bekerja mulai 10 September 2020. Sejak 1987, Indonesia ikut Oscar untuk kategori International Feature Film (dulu istilahnya ‘foreign language’) berupa film panjang di luar Amerika nonbahasa Inggris. Sampai tahun 2019, sudah mengirimkan 21 film cerita panjang dan tak satu pun belum berhasil masuk di nominasi. Tahun ini, proses seleksi ditandai dengan situasi krisis pandemi Covid 19. Film yang diseleksi cuma 59 judul, padahal di tahun 2019 ada 140 judul film yang diseleksi. Ditambah lagi bioskop belum dibuka untuk umum. Padahal, syarat utama film yang diseleksi harus beredar di bioskop.

“Namun, Komite Seleksi tetap menjalankan fungsinya dan menilai semua film,” ujar Ketua Komite Seleksi, Garin Nugroho. “Rapat Komite Seleksi dilalui dengan diskusi dan berjalan sangat alot. Penuh beragam pandangan. Namun, semangat kebersamaan ditambah tukar pikiran dan cara pandang sekaligus aklamasi menjadi gabungan dalam cara memutuskan film PTJ yang dikirim ke Oscar,” pungkas Garin Nugroho. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *