IOXC 2019, Pesta Para Pencinta Olahraga Ekstrem

 IOXC 2019, Pesta Para Pencinta Olahraga Ekstrem

Ilustrasi olahraga ekstrem– foto dok kemenpora go id

Olahraga ekstrem– foto dok kemenpora.go.id

JAYAKARTA NEWS—  Event kejuaraan olahraga ekstrem berskala internasional bertajuk Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) digelar di Alun Alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai hari ini hingga 27 Oktober 2019.

Beberapa cabor yang dipertandingkan hari ini  di antaranya  freestyle soccer mengadakan kualifikasi Top 17 Open dan Top 16 Rookie, cabor freestyle basketball mengadakan showcase U-18, dan ada pula penyisihan cabor skateboard 1.

Event kejuaraan ekstrem terbesar di kawasan Asia Tenggara dan Asia telah 11 kali digelar, pertama kali di Bali tahun 2007. Penyelenggaranya adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga di bawah naungan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga dengan tujuan merangkul anak muda pecinta olahraga ekstrem dalam menyalurkan hobi serta bakat.

“Perjalanan 11 tahun IOXC bukanlah waktu yang singkat. Dari tahun ke tahun, IOXC berusaha untuk memberikan yang terbaik dan menjadi wadah berkumpulnya anak muda pecinta olahraga ekstrem untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya.”

“Nah, tahun ini, kami juga membuka bazar dari teman-teman UMKM, sehingga ada kegiatan ekonomi kerakyatan yang bisa dioptimalkan. Ke depannya, kami berharap, selain UMKM, bazar juga bisa diisi oleh industry olahraga dari setiap cabor yang dilombakan di perhelatan IOXC,” ujar Arief Nurbani Siswoyo, Kabid Pengelolaan Olahraga Petualangan, Tantangan, dan Wisata.

Olahraga ekstrem (olahraga aksi) adalah istilah populer untuk olahraga yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi. Tahun ini, IOXC melombakan 6 (enam) cabang olahraga ekstrem yaitu aggressive inline, skateboard, BMX, BBoy, freestyle basketball, dan freestyle soccer.

Sebagai tambahan, diwadahi pula Fun Climbing (Spider Kids) bagi anak usia dibawah 8 tahun. Peserta IOXC adalah perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia dan juga 12 negara lainnya yaitu Prancis, Singapura, Jepang, Kanada, Malaysia, Brunei Darussalam, Australia, Thailand, Filipina, China, dan Amerika Serikat.***kemenpora/ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *