Connect with us

Sport

INKAI Jawa Barat Sabet Juara Umum Piala Kasal  

Published

on

Tim Pembina dan Pelatih Inkai Jabar berpose setelah berhasil keluar sebagai Juara Umum

JAYAKARTA NEWS.  Tim Institut Karatedo Indonesia (INKAI) Propinsi  Jawa Barat  berhasil merebut Piala Kepala Staf Angkatan Laut Republik Indonesia  ke 3 yang di selenggarakan di Gelanggang Olahraga Jakarta utara yang berakhir Sabtu (2/3/2024), setelah merebut 16 medali emas dan keluar sebagai Juara Umum.  Kejuaraan karate yang memperebutkan 90 medali emas  untuk kategori ‘Komite’ dan ‘Kata’ selama tiga hari  itu dibuka langsung oleh Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali. 

Event besar Inkai  yang diikuti oleh 1076 karateka dari seluruh Indonesia dihadiri oleh Ketua Umum Inkai Pusat Laksamana Muda TNI Prof. Dr (Han) Ivan Yulivan dan Ketua Dewan Guru Inkai Abdul Kadir, mantan karateka nasional pemegang sabuk hitam Dan 9. Setelah Tim Inkai Jawa Barat di posisi utama, di tempat kedua diraih Tim Inkai Marinir dan  Juara Umum ke 3 diambil Tim Inkai Jakarta Timur. 

Dalam sambutannya, Kasal yang berseragam lengkap TNI AL menyambut gembira dan bangga atas kehadiran seribu lebih  karateka dari berbagai daerah dan dojo yang tersebar di Kota-kota besar di seluruh Indonesia, ikut  berpartisipasi mensukseskan Piala Kasal. Pesertanya tidak saja dari dojo yang ada di TNI/Polri, namun event ini terbuka juga untuk masyarakat umum.

Tujuan utama Kejuaraan ini tegas Laksamana M. Ali selain membina dan mendorong  prestasi atlet, diharapkan bisa membangkitkan semangat  masyarakat berolahraga dan meneguatkan tekad ‘bushido’yaitu semangat tidak gampang menyerah. “Semangat ini penting dalam membangun karakter bangsa yang kuat untuk mencintai tanah air dan membangun negerinya,” pungkas Kasal membakar semangat para atlit karateka. 

Kasal Laksamana TNI M. Ali didampingi Ketum Inkai Pusat Ivan Yulivan dan Ketua Dewan Guru Inkai Sensei Abdul Kadir

Kasal juga sangat antusias mendorong pembinaan prestasi atlit secara berjenjang hingga bisa mengibarkan bendera merah putih di level internasional. Penjaringan atlit berbakat dan berprestasi harus didukung dan difasilitasi pembinaannya dengan baik melibatkan seluruh komponen bangsa.  Dia berpesan, dukungan sarana dan pra sarana latihan dan bertanding harus mengikuti standart maksimal sehingga akhirnya atlit bisa lebih berprestasi gemilang.     

Sementara Pengurus Daerah Inkai Propinsi Jawa Barat yang dihubungi Jayakarta News via telepon untuk mengkonfirmasi prestasi yang diraih para atlit karatenya, ditanggapi oleh Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Sensei M. Surya. Pemegang Dan 6 Karate ini menyampaikan salam dari Ketua Pengda Inkai Jabar Kolonel TNI (L) Ferry Mulyadi Arifin. Disampaikan bahwa prestasi yang di raih para atlit Jabar tidak lain karena kekompakan pembinaan dari mulai dojo, Pengurus Cabang hingga pengurus Daerah di Provinsi.  

Atas pretasi yang sudah diraih para atlit binaannya,  sensei Surya yang memimpin Tim  Jabar menjelaskan prestasi yang diraih 80 skuad karateka Jabar yang ikut di Piala Kasal adalah salah satu barometer seleksi internal Inkai Jabar untuk menurunkan Tim pamungkas atlit karatekanya pada event bergengsi Kejuaraan Nasional Inkai Juli yang akan datang. “Impian kami Tim Inkai Jabar juara umum lagi,” tutup purnawirawan TNI AL yang juga berhasil menjuarai komite kelas ‘hiburan’ usia lanjut diatas 50 tahun . (nat)   

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *