Inilah Kapal Induk Termahal

 Inilah Kapal Induk Termahal

MELIHAT kapal induk baru Amerika, USS Gerald R. Ford, orang akan terkagum-kagum dengan besarnya. Kapal induk berbobot lebih dari 90.000 ton itu, mampu mengangkut lebih dari 100 pesawat tempur, helikopter tempur, dan persenjataan lainnya.

Jika dikalkulasi, sekitar 15 sampai 20 miliar dolar perangkat perang ada di kapal ini. Ditambah dengan lebih dari 6.000 personelnya. Kekuatan itu masih ditambah dengan puluhan kapal perang dan kapal selam yang berada di sekitar kapal induk, sehingga sebuah kapal induk otomatis membentuk sebuah armada besar. Saat ini, Amerika memiliki 11 kapal induk aktif.

Presiden AS Donald Trump, dalam peresmian USS Gerald R. Ford yang juga jadi kapal induk termahal dengan harga sekitar Rp 170 triliun, “Kita akan menambah lagi (kapal induk).” Dia membanggakan dengan menyampaikan kapal induk terbaru ini begitu besar dan kuat hingga kebal dari serangan musuh.

Namun di balik kegagahan dan kekuatan kapal induk ini, tersimpan kelemahan besar. Misalnya, dalam latihan perang di Florida, tahun 2015 lalu, sebuah kapal selam nuklir kecil milik Perancis berhasil menyusup melewati kapal-kapal pengawal dan ‘menenggelamkan’ kapal induk. Media sempat mencatat, sejak tahun 1980-an diperkirakan kapal induk Amerika dan Inggris telah ‘tenggelam’ dalam 14 kali latihan perang. Namun angka sebenarnya tidak diketahui karena dirahasiakan oleh AL AS.

Di sisi lain, pembangunan kapal induk oleh angkatan laut didukung oleh Kongres AS. Bahkan di era 1990-an, ketika Perang Dingin berakhir dan anggaran pertahanan AS dipotong, Kongres tetap mendukung pembangunan kapal induk sampai 11 kapal.

Komandan Armada Pasifik AS, Admiral Scoot Swift memuji kemampuan kapal induk sebagai kekuatan pemukul. Dia menyebutkan di arena pertempuran, kapal induk tak terkalahkan. Namun Swift juga mengakui kapal induk tidaklah sekuat 15 tahun lalu. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *