Inilah 17 Negara Terkecil di Dunia, Rata2 Luasnya Setengah Jakarta (Part-2)

 Inilah 17 Negara Terkecil di Dunia, Rata2 Luasnya Setengah Jakarta (Part-2)

Malta–foto worldatlas.com

Malta–foto worldatlas.com

Federasi Saint Kitts dan Nevis (juga dikenal sebagai Federasi Saint Christopher dan Nevis) berada di urutan ke delapan dari 17 negara terkecil di dunia. Negara mungil ini terletak di Kepulauan Leeward , Karibia, merupakan negara federal dua-pulau di Hindia Barat . Luas wilayahnya 261 km2 dengan jumlah penduduk 42.696 jiwa.

Dua pulau ini juga termasuk yang terlama dikuasai penjajah, khususnya Inggris dan Perancis, yang menjadikan koloni pertama mereka di kawasan Hindia Barat. Setidaknya selama abad ke 17 sampai awal abad ke 18, dua Negara itu saling silih berganti mengambil alih pulau itu, sampai akhirnya pada 1713 diserahkan pada Inggris.

Lima ribu tahun sebelum Eropa masuk, pulau itu dihuni oleh penduduk asli Amerika yakni suku Indian. Suku terakhir yang ada di sana adalah Kalinago, yang masuk tiga abad sebelum Eropa masuk. Tahun 1962 terjadi pertempuran dengan Kalinago melawan colonial, yang menyebabkan sebagian besar suku itu musnah.
Awalnya, dua pulau kecil yang berjarak 3 km itu berdiri sendiri-sendiri sebagai suatu Negara, namun Inggris memaksa kedua Negara pulau dan Pulau Anguilla menjadi satu Negara. Ketiganya menjadi menjadi 1967. Tapi pada 1971, Anguilla memberontak dan memisahkan diri. St Kitts dan Nevis sendiri menyatakan kemerdekaannya tahun 1983.

Federasi Saint Kitts and Navis–foto the highjourney.com

Ke-9 adalah Republik Seychelles adalah sebuah negara kepulauan di tengah Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Teritori tetangganya ialah Mauritius dan Reunion di sebelah selatan, Komoro dan Mayotte di barat daya, dan Maladewa di timur laut. Luas wilayahnya 455 km2, dengan penduduk 81.755 jiwa. Negara kepulauan ini mendapat kemerdekaannya dari Inggris tahun 1976.

10.Maldives – Kepulauan Maldive atau republic Maladewa mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1965, merupakan Negara kecil di Samudra Hindia terdiri dari rangkaian 26 atol seluas 90 km2. Negeri unik ini beribukota di Male dengan penduduk103.693 jiwa (sensus 2006), sedang pulau-pulau lainnya yang berjumpah 1.192 pulau rata rata dihuni 200 –an orang.

Kalau di dunia Maldives berada di urutan 10 negara terkecil , sebaliknya di Asia, Negara ini nomor satu terkecil, juga jumlah penduduknya yang tersedikit di antara negeri negeri di Asia. Keunikan lainnya adalah Maldives Negara yang berarada di titik terendah juga tertinggi di atas permukaan laut. Jadi, rata-rata pulau hanya 1,5 meter di atas permukaan laut, ini merupakan Negara terendah di dunia yang berada di permukaan laut.

Malta-foto times of malta

11.Malta luasnya 122 square miles – Negara ini berada di selatan pulau Sicilia, Italia. Negara ini mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1964, namun militer Inggris baru benar-benar meninggalkan Malta tahun 1979. Populasi Malta 400.000 jiwa.

12.Grenada luasnya 133 square miles. Ini adalah salah satu Negara yang berada di Karibia, penduduknya 90.000 jiwa. Grenada mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1974.

13.Saint Vincent dan Grenadines, luasnya 150 square miles. Jumlah penduduk 117.000 jiwa. Negeri ini mendapat kemerdekaan dari Inggris pada 1979.

14.Barbados luasnya 166 square miles dengan jumlah penduduk 280.000 jiwa. Negeri ini juga berada di jajaran kepulauan Karibia. Barbados mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1966.

15.Antigua and Barbuda luas total 171 square miles. Negara berpenduduk 69.000 jiwa ini terdiri dari tiga pulau, mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1981.

16.Andorra luasnya 468 km2 dengan jumlah penduduk Jumlah penduduk hanya 280.228 jiwa. Negeri kepangeranan ini berada di Eropa barat daya. Sebelah timur bantaran Sungai Pirenea yang berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara makmur ini sangat mengandalkan sektor pariwisata dan juga kegiatan kebeacukaian. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.

Andorra-foto commons.wikimedia.org

Sejarah negeri ini cukup unik. Negeri ini terbilang cukup tua, telah ada sejak 1278. Cerita yang berkembang mengatakan, Karel yang Agung atau Karel Agung— Bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang disebut Bapak pendiri Eropa. Ia adalah kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi.— memberikan piagam untuk orang Andorra sebagai pengganti perang mereka melawan bangsa Moor.

Jabatan maharaja di daerah itu diwariskan kepada pangeran Urgell dan akhirnya kepada uskup dari keuskupan Urgell. Pada abad ke-11, terjadi pertentangan antara uskup dan tetangganya di utara Perancis atas Andorra.

Pada 1278, konflik itu diselesaikan dengan penandatanganan parage, yang menegaskan bahwa kedaulatan Andorra dipegang antara pangeran Foix dari Perancis (yang akhirnya jabatannya diserahterimakan kepada kepala negara Prancis) dan uskup La Seu d’Urgell, di Katalonia, Spanyol. Ini memberikan kepangeranan kecil itu wilayahnya beserta bentuk politisnya.

Selama bertahun-tahun jabatan itu diwariskan kepada raja Navarre. Setalah Henrike dari Navarra menjadi Raja Henri IV dari Perancis, ia mengeluarkan dekrit (1607) yang memberikan kepala negara Prancis dan Uskup Urgell jabatan perangkap-pangeran Andorra.

Antara 1812–13, Kekaisaran Perancis menganeksasi Katalonia Spanyol dan membaginya menjadi 4 departemen. Andorra juga dianeksasi dan dijadikan bagian distrik Puigcerdà (département Sègre).
Pada 1933 Perancis menuduki Andorra sebagai akibat dari kerusuhan sosial sebelum pemilihan. Pada 12 Juli 1934, seorang penjelajah bernama Boris Skossyreff mengeluarkan proklamasi di Urgel, menyatakan dirinya sebagai Boris I, pangeran berdaulat dari Andorra, secara serentak menyatakan perang kepada uskup Urgel.

Ia ditangkap oleh pemerintah Spanyol pada 20 Juli dan akhirnya diusir dari Spanyol. Dari 1936 sampai 1940, sebuah detasemen Perancis ditempatkan di Andorra untuk mencegah pengaruh Perang Saudara Spanyol dan Francisco Franco Bahamonde. Namun, pasukan Francisco Franco mencapai perbatasan Andorra di akhir perang.

Selama PD II, Andorra tetap netral dan merupakan rute penyelundupan penting antara Vichy Perancis dan Spanyol.

Palau–foto istimewa

17.Palau, luasnya 458 km2 – Palau juga disebut Belau, adalah Negara yang berada di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina.

Negara ini merdeka tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.***

Sumber: https://dianaruntu.wordpress.com/2010/04/21/inilah-17-negara-terkecil-di-dunia-rata2-luasnya-hanya-setengah-jakarta/

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *