Ingin Beruntung? Carilah Ikan di Pasar Parung

 Ingin Beruntung? Carilah Ikan di Pasar Parung
Ikan mas koki, salah satu jenis ikan yang paling diminati. Ikan-ikan ini dipeprcaya membaca keberuntungan. (ist)

Apakah Anda sudah memiliki peliharaan ikan hias di rumah? Kalau sudah, silakan berhenti membaca tulisan ini. Jika belum, maka mulailah berpikir untuk memeliharanya. Pilihlah satu di antara empat ikan ini, atau dua di antara empat, tiga di antara empat, atau keempat-empat ikan jenis ini: Mas koki, koi, louhan, dan arwana. Setelah itu rasakan perubahan pada keberuntungan atau hoki Anda.

Begitulah… betapa memelihara ikan hias ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Manfaat langsung adalah, menghilangkan stres. Bahkan sebuah penelitian di Amerika menyebutkan, menikmati ikan hias di akuarium, bisa menurunkan risiko kepikunan bahkan menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Masih ada belasan manfaat lain, di antaranya menstabilkan detak jantung, dan memunculkan banyak inspirasi.

Jika Anda cukup terprovokasi dengan manfaat memelihara ikan hias di atas, berikut adalah lokasi penjual ikan hias yang bisa segera Anda datangi: Pusat Perdagangan Ikan Hias Pasar Parung, Bogor, Jawa Barat. Di sana, tak kurang dari 200 lapak pedagang ikan hias menawarkan aneka jenis ikan. Di sinilah sentra ikan hias terbesar di Indonesia.

Dalam sepekan, pasar ikan hias ini hanya buka tiga hari yakni Senin, Kamis, dan Sabtu. Jangan datang pagi, karena pasar ikan hias baru buka pukul 15.00 WIB, hingga malam hari.  Berbagai macam jenis ikan hias ada di sini, harganya pun tidak menguras kantong karena dijual dengan harga grosir.

Bukan hanya penggemar ikan hias, pasar ini juga menjadi pusat belanja para pedagang ikan hias dari berbagai daerah misalkan Depok, Bekasi, Jakarta, Bandung, Lampung bahkan Medan. Mereka jauh-jauh ke Parung, karena selisih harga yang lumayan jauh dibanding pasar ikan hias mana pun.

Suradi (55) seorang penggemar ikan hias mengatakan, “Harga ikan di sini cukup murah. Sebagai perbandingan ikan koi dengan ukuran yang sama, di kios ikan hias tempat lain tiga puluh ribu per kor sedangkan di sini kurang dari separuhnya.”

Sementara, seorang pedagang ikan hias asal Cianjur bernama Adam ( 45 ) menuturkan, ia rutin belanja ikan di Parung, untuk kemudian dijual kembali di daerahnya. “Seminggu sekali saya bawa mobil pick up ke sini untuk belanja ikan hias. Sekali belanja bisa ratusan ikan hias. Pintar-pintarlah menawar agar bisa dapat margin lebih besar,” ujarnya.

Walaupun dikenal sebagai pasar ikan hias, tempat ini juga menjual jenis ikan komsumsi seperti lele, gurame, mujaer, dan lainnya. Ikan-ikan tersebut ditempatkan di kolam  kecil atau kantong  plastik. Calon pembeli tinggal memilih. (agus s)

Ikan-ikan hias di Pasar Parung, Bogor, Jawa Barat. (foto: agus s)
paket-paket ikan hias dalam kemasan plastik beroksigen. (foto: agus s)
Silakan lakukan tawar-menawar dengan pedagang. Harga ikan hias di sini, rata-rata separuh harga di pasar ikan lain. (foto: agus s)
Banyak pedagang ikan hias dari berbagai daerah, belanja ikan hias di Pasar Ikan Hias Parung. (foto: agus s)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *