Indonesia Tuan Rumah FIBA Basketball World Cup 2023

 Indonesia Tuan Rumah FIBA Basketball World Cup 2023

INDONESIA, bersama dengan Filipina dan Jepang, terpilih sebagai tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023. Demikian diumumkan oleh Presiden FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), Horacio Muratore, di Jenewa, kemarin. Dalam pemilihan ini, Indonesia, Filipina dan Jepang mengalahkan Argentina dan Uruguay.

“Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023, menunjukkan semakin besarnya kepercayaan dunia terhadap kesiapan Indonesia untuk menyelenggarakan acara olah raga bertaraf internasional,” papar Erick Thohir, Presiden Asian Games 2018 dan anggota FIBA Central Board yang turut mengawal kesuksesan tim Indonesia di Jenewa.

Duta Besar Hasan Kleib, Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, yang turut hadir dalam acara penentuan tuan rumah Kejuaraan Bola Basket Dunia 2023 menambahkan, terpilihnya Indonesia merupakan suatu kebanggaan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan dunia, dan semoga akan turut mendorong semakin populer dan meningkatnya olah raga bola basket di Indonesia.

Argentina dan Uruguay merupakan saingan berat bagi Indonesia, Filipina dan Jepang, karena Argentina pernah menjadi juara FIBA Basketball World Cup (1950) dan peraih medali emas olimpiade (2004), sedangkan Uruguay yakni tercatat sebagai  peraih medali perunggu olipiade (1952 dan 1956) serta 8 kali juara lomba bola basket Amerika Selatan. Keduanya juga pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia olahraga  ini.

Indonesia, Filipina dan Jepang saat ini memiliki lebih dari 500 juta penduduk, dengan pertumbuhan ekonomi yang dinamis dan memiliki jumlah penduduk usia muda yang besar. Hal ini sesuai dengan visi FIBA untuk semakin mempopulerkan bola basket di dunia.

FIBA Basketball World Cup tahun 2019 akan diselenggarakan di RRT, setelah tahun 2014 di Spanyol. Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) didirikan di Jenewa  tahun 1932 dan saat ini beranggotakan 213 federasi nasional dari 5 kawasan (Afrika, Amerika, Eropa, Asia dan Oceania). ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *