Indonesia Tercantik di Asia, Terindah #6 di Dunia

PENERBIT buku panduan wisata Inggris, Rough Guides, menempatkan  Indonesia ke dalam daftar negara paling indah di dunia.

Peringkat yang diperbarui pada Januari lalu itu,  dibuat berdasarkan voting para pembaca Rough Guides melalui saluran media sosialnya.

Pencapaian itu disambut baik oleh Indonesia.  Presiden Joko “Jokowi” Widodo, melalui akun instagramnya mengungkapkan kegembiraannya.

“Penerbit terkenal di Inggris, Rough Guides, baru-baru ini melakukan survei global terhadap negara-negara paling indah di dunia. Hasilnya [menunjukkan] bahwa Indonesia berada di peringkat keenam di dunia, tetapi [disebut sebagai] negara terindah di Asia, ” kata Jokowi di akun medsosnya itu.

Dengan masuk menjadi 10 besar negara tercantik di dunia yang wajib dikunjungi, menurut Jokowi, hal itu jelas menjadi modal yang sangat berharga bagi kita. “Dengan modal itu saja, devisa pariwisata sudah mencapai USD17 miliar,” kata Presiden.

Namun di depan para anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia di Jakarta, belum lama ini, Jokowi  menyampaikan bahwa pariwisata Indonesia masih perlu digarap. Hal ini penting,  agar dapat memberikan devisa yang lebih besar lagi, “bahkan melebihi sektor-sektor lain yang selama ini menjadi unggulan,” tandasnya.

“Pertanyaannya, produknya sudah siap belum? Saya lihat destinasinya belum siap,” ujar Jokowi.

Untuk itu, Presiden telah menginstruksikan  Menteri PUPR untuk konsentrasi menggarap empat destinasi pariwisata prioritas. Sejauh ini dari 10 prioritas,  baru Bali  yang infrastruktur memadai, sedangkan yang  sedang dikembangkan yaitu Mandalika, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Borobudur.

“Sebenarnya infrastruktur yang dibangun besar-besaran empat tahun ini, dari jalan sampai pasokan listrik, adalah untuk memudahkan akses dan pengembangan pariwisata di negara kita,” tutur Presiden

Kabar mengenai ini disambut baik kalangan netizen yang menjadi follower Jokowi, seperti:

@herrymosyen72: Harus itu pak..semangaaattt…indonesia beautiful

@ dhik166: Mantul

@arabica_tengger: Bromo hadir Pak Dhe @jokowi

@bulakjualan06: Maju terus pak , untuk Indonesia yg lebih indah dan lebih majun. Doa kami sekeluarga buat bapak dan keluarga

@fatiahistiqomah: Jangan rakus mengharapkan devisa pariwisata sebanyak2nya. Perlu juga diimbangi dengan adanya program serta edukasi kepada pihak2 terkait dan juga masyarakat akan pentingnya menjaga alam dan ekosistemnya agar tidak rusak. Belajar dari negara2 lainnya yang sudah menerapkan hal tersebut karena rusaknya alam mereka. Jangan sampai setelah rusak baru kita berpikir bagaimana cara merecoverinya. @jokowi

 

 

View this post on Instagram

Penerbit ternama dari Inggris, Rough Guides, baru-baru ini menggelar jajak pendapat secara global tentang negeri terindah di dunia. Hasilnya, negeri kita Indonesia berada di peringkat keenam di dunia, tapi yang terindah di Benua Asia. Apa yang menarik dari Indonesia menurut para netizens? Banyak. Dari suasana perdesaan, ketenangan pulau-pulau terpencil, hingga puncak gunung yang menjulang. Indonesia dianggap sangat menarik karena memiliki 17.508 pulau dari barat ke timur yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa. Netizens terpukau oleh adat istiadat, kuliner, dan bahasa daerah. Bali dikenal karena kuil-kuilnya dan titik selancar kelas dunia, Lombok karena pantai-pantainya yang memesona, Kalimantan dengan satwa liar orang utan di habitat aslinya, dan sebagainya. Hasil jajak pendapat Rough Guides ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

Inilah 20 negara terindah di dunia, menurut pembaca Rough Guides:

  1. Skotlandia
  2. Kanada
  3. Selandia Baru
  4. Italia
  5. Afrika Selatan
  6. Indonesia
  7. Inggris
  8. Islandia
  9. Amerika Serikat
  10. Wales
  11. Slovenia
  12. Meksiko
  13. India
  14. Finlandia
  15. Swiss
  16. Peru
  17. Norway
  18. Irlandia
  19. Kroasia
  20. Vietnam
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *