India Kirim 11 Atletnya Bertarung di Renzo International Open Karate Championship

 India Kirim 11 Atletnya Bertarung di Renzo International Open Karate Championship

Para atlet karate tengah berlatih untuk tampil di Renzo International Open Karate Championship/foto: agus sundayana

JAYAKARTA NEWS— India akan mengirim 11 atletnya mengikuti turnamen “Renzo International Open Karate Championship” serta satu Wasit Kata yang bersertifikat WKF. Ajang kejuaraan internasional yang diselengarakan Renzo ini akan berlangsung 1 – 3 Juli 2022 di GOR Ciracas, Jakarta Timur.

“Hari ini India telah memastikan kehadirannya dan saya juga yakin Negara-negara Asean akan mengirimkan timnya ke turnamen ini,” ujar Prof (Ris) Hermawan Sulistyo, penggagas turnamen dan Founder Renzo, (14/5/2022).

Tim India dikabarkan tiba di Indonesia 29 Juni dan kembali ke negaranya 4 Juli. “Kami memberikan penginapan gratis bagi tim dari luar negeri,” ujar Hermawan Sulistyo yang akrab disapa Mas Kikiek.

Sementara untuk tim lokal, penginapan tidak ditanggung panitia. Dari daerah yang diyakini akan ikut serta antara lain Jatim, Bali, Jabar, Jateng dan lainnya.

Dalam Rapat Pleno, pembahasan persiapan di antaranya SOP untuk protokol kesehatan. Mengenai hal ini, Panitia akan mengikuti ketetapan pemerintah. Menurut Kikiek, semua atlet, terutama dari luar negeri harus mendapatkan petunjuk yang lengkap mengenai SOP berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan olahraga di Indonesia level internasional.

Untuk itu, panitia akan menggunakan referensi dari buku petunjuk pelaksanaan protokol kesehatan yang berlaku pada ajang pertandingan Bulutangkis (BWF) di Bali dan event MotoGP Mandalika baru-baru ini.
Panitia akan menerbitkaan buku panduan terkait SOP pelaksanaan pertandingan selama era Covid. Petunjuk lengkap itu diberikan supaya peserta dari luar negeri bisa mengantisipasi jika terkena Covid-19.

“Karena kebijakan mengenai isolasi di Indonesia dan negara peserta mungkin berbeda sehingga mereka sudah bisa mengantisipasinya. Panitia harus siap dengan tiga skenario terkait Covid, yakni SOP utuk hijau, kuning (seperti sekarang) atau merah,” katanya lagi.

Sebelumnya telah diinformasikan, Dojo Renzo, Home of The Champions mengundang para karateka mengikuti “Renzo International Open Karate Championship” yang digelar 1 – 3 Juli 2022 di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Penyelenggara menyediakan total dana pembinaan sebesar Rp 22.500.000. Selain dana pembinaan, peserta bisa meraih kesempatan bertanding di luar negeri.

Ada lima kategori pertandingan. Pra pemula (10 – 11 tahun) empat putra dan empat putri, Pemula (12 – 13 tahun) enam putra dan enam putri, Kadet (14 – 15 tahun) tujuh putra dan lima putri, Junior (16 – 17 tahun) enam putra dan lima putri, dan Senior (18 tahun ke atas) delapan putra dan tujuh putri.

Penghargaan bagi para pemenang dan peserta dibagikan kepada lima terbaik. Juara Umum 1 beroleh piala, piagam prestasi, dan uang pembinaan Rp 10 juta. Juara Umum 2, mendapatkan piala, piagam prestasi dan uang pembinaan Rp 7,5 juta. Juara Umum 3 beroleh piala, piagam prestasi dan uang pembinaan Rp 5 juta. Sementara pelatih terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa workshop karate di Jepang.

Ajang kejuaraan karate internasional ini disambut antusias karateka dunia hingga hari ini tak kurang karateka 9 negara sudah menyatakan diri ikut serta. Mereka umumnya dari ASEAN: Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan Brunei Darussalam.***din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.