Imagine, Yoko Ono dan Pengakuan John Lennon

 Imagine, Yoko Ono dan Pengakuan John Lennon

 

YOKO Ono merilis versi baru dari Imagine John Lennon, dan bertindak sebagai Co-writer dari hit solo suaminya yang terkenal tersebut.  Yoko merilis versi ambient baru yang diambil dari album baru Warzone.

Pada 9 Oktober 2018 lalu, John Lennon seharusnya merayakan ulang tahunnya yang  ke-78. Pentolan  The Beatles ini, kini tinggal kenangan lewat karya-karyanya setelah tewas dibunuh dengan ditembak pada  8 Desember 1980 di  Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Tetapi, karyanya tak lekang dihimpit jaman. Apalagi ketika  istrinya, Yoko  meluncurkan cover yang diambil  dari lagu yang terinspirasi oleh betapa pentingnya perdamaian dunia, Imagine, John akan tetap dikenang.

Sampai saat ini, lagu itu dikreditkan semata-mata untuk Lennon.  Ono kemudian ditambahkan sebagai co-writer pada tahun 2017 oleh National Music Publishers Association (NMPA)”

Struktur lirik sentral lagu, menggambarkan serangkaian skenario sedih, utopis, terinspirasi oleh koleksi puisi Ono, Grapefruit, yang menampilkan kalimat-kalimat seperti:

“Imagine your head filled with pencil leads /

Imagine one of them broken.”

 

Lennon telah mengakui kontribusi Yoko  dalam sebuah wawancara tahun 1980, dengan mengatakan, “Banyak dari itu – lirik dan konsepnya – berasal dari Yoko. Tetapi hari-hari itu saya sedikit lebih egois, sedikit lebih macho, dan saya agak lupa menyebutkan kontribusinya. Tapi itu benar dari Grapefruit, bukunya. ”

Bukan hanya satu-satunya: bagaimana Yoko Ono membantu menciptakan Imagine milik John Lennon

Warzone mereimaginasikan lagu-lagu lain yang aslinya ditulisnya antara tahun 1970 dan 2009. Dia sejak itu melanjutkan karirnya dalam seni visual dan konseptual, meluncurkan instalasi permanen pertamanya, Skylanding, pada tahun 2016. Dia juga merekam bagian suara untuk film tahun 2018 milik Wes Anderson, Isle of Dogs, memainkan seorang ilmuwan bernama Yoko Ono.

Melalui websites yang dikelolanya, yokoonowarzone.com, Yoko merilis video musik yang diupload di situs tersebut.

 

 

+ + + IMAGINE THERE’S NO HEAVEN

+ IT’S EASY IF YOU TRY

+ NO HELL BELOW US

+ ABOVE US, ONLY SKY +

IMAGINE ALL THE PEOPLE

+ LIVING FOR TODAY +

+ IMAGINE THERE’S NO COUNTRIES

+ IT ISN’T HARD TO DO

+ NOTHING TO KILL OR DIE FOR

+ AND NO RELIGION, TOO

+ IMAGINE ALL THE PEOPLE

+ LIVING LIFE IN PEACE

+ OOOOH +

+ YOU MAY SAY I’M A DREAMER

+ I’M NOT THE ONLY ONE

+ I HOPE SOMEDAY YOU’LL JOIN US

+ AND THE WORLD

+ WILL BE AS ONE + +

IMAGINE NO POSSESSIONS

+ I WONDER IF YOU CAN

+ NO NEED FOR GREED OR HUNGER

+ A BROTHERHOOD OF MAN

+ IMAGINE ALL THE PEOPLE

+ SHARING ALL THE WORLD

+ YEAHHH +

+ YOU MAY SAY I’M A DREAMER

+ I’M NOT THE ONLY ONE

+ I HOPE SOMEDAY YOU’LL JOIN US

+ AND THE WORLD

+ WILL BE AS ONE + + +

 

Cover  itu dirilis  untuk merayakan warisan suaminya dan untuk mendorong perilisan album studionya yang akan datang, Warzone – yang terdiri dari 13 re-imaginings dari rekaman sebelumnya dari 1970 hingga 2009.

Para penggemar di media sosial bertemu dengan Ono tentang klasik Lennon dengan banyak masukan positif dan emosional.

Berkaitan dengan ulang tahun Lennon, telah terlihat  sejumlah besar perayaan tahun ini. Imagine (The Ultimate Collection,) juga dirilis untuk memperingati warisan akhir penyanyi. Set kotak enam-cakram besar, 140-track, yang menampilkan sebagian besar materi yang belum pernah dirilis dari sesi Imagine, diproduksi oleh Ono dan Phil Spector yang legendaris.

Still dreaming ... Yoko Ono and John Lennon.

Insinyur Paul Hicks menulis, “Ono ingin lagu-lagu itu benar-benar setia dan menghormati yang asli, secara umum lebih jelas secara keseluruhan dan harus meningkatkan kejelasan vokal John.”

Setelah lebih dari enam bulan renovasi, salah satu proyek seni Ono diselesaikan selama akhir pekan, juga bertepatan dengan ulang tahun Lennon. Disebut Sky, enam mosaik dicat diungkapkan di 72nd Street Station di New York City. Stasiun ini terletak di bawah rumah Ono di The Dakota (tempat dia juga tinggal bersama Lennon sebelum kematiannya), dan sangat diperdagangkan oleh orang-orang yang melakukan ziarah antara dia dan rumah Lennon dan pemakaman Strawberry Fields miliknya. Dia mengatakan seni adalah penghormatan kepada Lennon.

“Saya senang Sky akan dibuka hanya beberapa langkah dari rumah saya dan Strawberry Fields. Saya membuatnya untuk mengenang almarhum suami saya. Ini akan membawa langit di bawah tanah, jadi itu selalu bersama kita. Saya harap ini akan membawa kedamaian dan sukacita bagi sesama warga New York selama bertahun-tahun yang akan datang. ”

Ono telah menulis dan memproduksi musik selama lebih dari lima dekade sekarang. Dalam beberapa tahun terakhir, ia melakukan tur ke seluruh dunia dengan putranya, Sean Lennon, mengambil alih peran ayahnya di Plastic Ono Band, yang ia dan Lennon mulai di akhir tahun 1960-an.**

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *