Hermawan Sulistyo adalah Karate Inkai Masa Depan

 Hermawan Sulistyo adalah Karate Inkai Masa Depan
Prof Hermawan “Kikiek” Sulistyo (kiri) bersama karateka binaannya, di Dojo The Fream Team, Lembah Depok. (Foto: Taofik Hidayat).

Jika kemudian Prof Hermawan Sulistyo tergerak tekad memimpin Inkai pada periode 2018 – 2022, lebih karena mimpi besarnya menjadikan karate-do sebagai sarana membentuk watak generasi bangsa masa depan. Bela diri yang satu ini, memiliki akar nilai kejuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan sportivitas yang tinggi. “Ujungnya membentuk rasa percaya diri. Ini mutlak harus dimiliki tidak saja oleh karateka, tetapi juga oleh bangsa untuk meraih prestasi,” ujar Kikiek, panggilan akrabnya.

Karenanya, Kikiek menawarkan sebuah visi yang kongkrit bagi Inkai 2018 – 2022.  Visi itu adalah “Menatap karate Inkai masa depan, sebagai cabang olahraga prestasi; mempertahankan tradisi Shotokan Karate-Do sebagai beladiri (martial arts) untuk membentuk watak generasi bangsa masa depan. Adapun misi yang ia canangkan adalah “Membangun Inkai 2019-2023 kembali menjadi perguruan karate terbesar dan terkuat di Indonesia.”

Prof Hermawan Sulityo (foto: Taofik H.)

Menjabat Sekjen PP-Inkai dua periode (2006-2010 dan 2010-2014) menjadikan Prof Kikiek mengenal betul PP Inkai. Tak berlebihan jika enam program utama yang ditawarkannya pun begitu mengakar pada persoalan utama Inkai yang harus segera dibenahi.

Pertama, pria kelahiran Ngawi, 4 Juli 1957 itu menaruh perhatian pada pembenahan sektor kelembagaan. Baginya, kelembagaan Inkai harus diisi pengurus yang berdedikasi dan penuh pengabdian. Kedua, bidang keuangan. Ini soal krusial, katanya. Untuk itu, program yang ia canangkan adalah transparansi melalui pemakaian jasa perbankan untuk semua jenis transaksi.

Program ketiga dan keempat adalah manajemen aset dan keanggotaan. Semua aset yang ada di pusat dan daerah harus didata dengan cermat. Sedangkan di bidang keanggotaan, Prof Kikiek mencanangkan digitalisasi data anggota. “Tunjukkan, bahwa Inkai adaptif terhadap perkembangan zaman yang begitu pesat dengan mengoptimalkan teknologi informasi,” ujar Penasihat Ahli Kapolri itu.

Sementara, program kelima adalah pertandingan. Tidak akan lahir prestasi tanpa jadwal pertandingan yang regular dan ajeg. Terakhir, program keenam yang ditawarkan karateka Dan IV Inkai ini adalah kesejahteraan. Fokus kesejahteraan secara berjenjang mulai dari Dewan Guru, PP-Inkai, Pelatih, Atlet, Kepanitiaan. “Saya bahkan sudah merancang program beasiswa bagi atlet Inkai,” ujar Kikiek. (rr)

Biodata Singkat:

Nama Lengkap  : Prof (Ris) Dr H Hermawan Sulistyo, MA, MAIA, PhD, APU

Panggilan           : Kikiek

Kelahiran            : Ngawi/4 Juli 1957

Agama                : Islam

Pekerjaan/Jabatan:

  1. Penasihat Ahli Kapolri (bintang dua)
  2. Profesor Riset LIPI (PNS Gol IVe/Pembina Utama)
  3. Kepala Pusat Kajian Keamanan Nasional, Univ Bhayangkara Jakarta Raya
  4. Staf Pengajar di lingkungan TNI/Polri/Lemdik Kedinasan
  5. Guru Besar PTIK
  6. Patron, CONCERN Strategic Think Tank & Consulting
  7. Owner beberapa perusahaan konstruksi dan trading

Pengalaman Pendidikan/Pengajaran:

  1. Kuliah:

Universitas Indonesia (UI); Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara; Universitas Airlangga (Unair); State University of New York (SUNY-Buffalo, US); Ohio University (OU-Athens, US); Northern Illinois University (NIU-DeKalb, US); Arizona State University (ASU-Tempe, US), dan lain-lain, dalam bidang-bidang Matematika, Fisika Nuklir, Ilmu Politik; Filsafat; Hubungan Internasional/Politik dan Pemerintahan Indonesia, History, Literature, Antropologi, Area Studies, Publishing, dan lain-lain.

  1. Mengajar:

Lemhannas-RI, Sesko TNI, Sesko TNI-AD; Sesko TNI-AL; Sesko-TNI-AU; Sespimti Polri; Sespimmen Polri; semua jenjang pendidikan Polri; berbagai sekolah kedinasan (BIN, Imigrasi, Bea Cukai dll)

  1. Professor/Scholar-in-Residence

Contemporary History Institute Ohio Univ; Institute for Southeast Asian Studies (ISEAS) Singapore; Kyoto Daigaku; Uppsala University-Sweden; Universiti Sains Malaysia; universitas2 di belasan negara; Unas, Trisakti, Unpad, Unair, dan belasan lainya.

  1. Pembicara: Clingendael Institute Netherland; Chatham House (RIIE) London; IEEI Portugal; APCSS Hawaii; FES Berlin; Sidang Pleno Parlemen Belgia, Brussels; puluhan lainnya di berbagai negara.
  2. Analis di media massa (TV/Radio) nasional/internasional selama puluhun tahun.
  3. Wartawan/Jurnalis/Redaktur: majalah Gadis; Mutiara; Sinar Harapan/Suara Pembaruan; TSM (Teknologi dan Strategi Militer); tabloid Bangkit; Harian Surya (koresponden di Amerika); Harian Jayakarta; kolumnis di hampir semua media cetak nasional. Menulis puluhan buku yang terbit di Indonesia dan di luar negeri.

Pengalaman Organisasi

Ketua kelas/angkatan sejak kelas 3 SD hingga lulus PT; Sekjen Senat Mahasiswa FIIS-UI; Sekjen Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM-UI); Koordinator Persatuan Mahasiswa Indonesia di AS (Permias).

Puluhan tahun berkeliling Indonesia dan dunia internasional; Anak-anak tinggal di Meguro-cho Tokyo, Uxbridge London, Wellington NZ.

Track Record Karate

Dan IV Inkai

  1. 1973-1975. Latihan Inkai di Cabang Madiun (Sensei Kadar, Cliften Tupan, Kukuh Darmono, Josef Triwahono);
  2. 1975-1983. Inkai Ranting UI (Ss Pieter Ferdinandus, Hedy, Suparlan, Suyana);
  3. 1986-1991. Ohio University Karate Club. ISKF/JKA (Ss Teruyuki Okazaki, Golden Greer, Howard Beebee);
  4. 1991-1997. Dojo Koyama Sensei (Phoenix). ISKF/JKA East Coast, Arizona, USA
  5. 1991-1997. Arizona State University ISKF/JKA (Ss Shojiro Koyama);
  6. Honbu Dojo JKA, Iidabashi Tokyo (Intermittent, Ss Kawawada);
  7. Kabid Litbang PB-FORKI
  8. Ketua panitia berbagai event Inkai/FORKI (gashuku, ujian Dan, Ryamizard Cup, Indonesia Open Karate Tournament I, dan puluhan lainnya); Sekjen PP-Inkai (dua periode: 2006-2010-; 2010-2014); Program Diractor Inkai Prestasi;
  9. Pembina Inkai Jatim; Dojo Renzo.
  10. Menerjemahkan dan menerbitkan buku Gichin Funakoshi, Karate-Do My Way of Life; Sejarah Karate Shotokan dan Inkai.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *