Film ‘Makmum 2’ – Menghapus Stigma Tak Boleh Salat Malam Sendiri

 Film ‘Makmum 2’ – Menghapus Stigma Tak Boleh Salat Malam Sendiri

Adegan dalam film ‘Makmum 2’ (foto : Dee Company & Blue Water)

JAYAKARTA NEWS – Apakah seorang muslim boleh salat malam sendiri? Apa tidak takut dan cukup khusyuk? “Ini stigma salah. Kita enggak boleh takut dan kalah sama setan. Kita hanya takut sama Allah SWT,” tangkis Guntur Soeharyanto yang menyutradarai film ‘Makmum 2’.

Bukankah setiap beribadah malam ada setan pembisik Khanzab yang dengan tipu daya dan rayuan akan mengganggu kita agar membatalkan salat? “Memang kita harus khusyuk beribadah agar setan enggak mengganggu iman kita. Banyak teror di malam hari guna mengganggu keIslaman kita,” papar Guntur. Makanya, bagi seorang muslim yang taat, bacalah ayat-ayat suci untuk mengusir setan dan menangkis rasa takut saat salat malam.

Toh Rini (Titi Kamal) setelah kematian suaminya pulang ke desanya. Semula dia khusyuk menjalankan perintah Allah SWT, namun di saat kebingungan karena anaknya semata wayang, Alif menghilang, Rini sempat kesurupan dan kemasukan arwah gentayangan.

“Setiap saya salat tahajud dan salat subuh, ada sosok yang menjadi makmum di belakang saya. Makhluk ini menirukan gerak salat saya dan mengulang doa-doa bacaan saya dalam bahasa Arab. Tatkala saya usai beribadah, saya tengok ke belakang, si makhluk raib dan enggak ada. Aneh,” tutur Titi Kamal. Isteri aktor Christian Sugiyono ini bercerita ketika syuting pagi-pagi buta sekitar pukul 4 di Gunung Papandayan, Jawa Barat.

“Dinginnya menusuk tulang. Suhu dibawah 10 derajat Celcius. Saya sudah berpakaian tebal saja, masih kedinginan,” urai Titi Kamal. “Saya disuruh teriak-teriak sampai suara saya habis. Yah…saya jalani saja dengan antusias. Kan saya mengalami kesurupan,” imbuh Titi Kamal sedikit miris karena pas syuting di awal pandemi Covid mulai merebak. “Sebelum take camera, saya dan pemain lain wajib menjalani rapid test antigen dan mengenakan masker,” timpalnya lagi.

Produser Dheeraj Kalwani dari Blue Water mengaku film Makmum 2 ini sempat tertunda tayang di bioskop karena amukan Covid masih marak. “Kini, film kami dapat  tanggal main 30 Desember 2021 dengan lolos sensor untuk 13 tahun ke atas,” ujar Dheeraj Kalwani yang film buatannya ‘Makmum’ (maksudnya yang pertama) meraih rekor MURI sebagai film Indonesia pertama terlaris di Malaysia tahun 2018/2019.

“Pengalaman nonton film di bioskop lebih maksimal, terlebih lagi film horor. Kami sengaja membangun rasa takut dan ngeri secara visual. Memacu adrenalin penonton lebih cepat karena  cerita di Makmum 2 ini sangat komplek. Kalau di Over The Top (OTT) kayaknya kurang sreg,” ungkap Dheeraj Kalwani.

Cerita Makmum terinspirasi dari salat malam yang dialami Riza Pahlevi, sineas yang memfilmkannya menjadi film pendek berdurasi 9.42 menit. Dari film pendek kemudian dibuat film panjang yang tayang di bioskop.

Selain Titi Kamal, segudang pelakon juga ikut menjadi makmum (pengikut), diantaranya Samuel Rizal, Marcella Zalianty, Dea Panendra, Otig Pakis, Pritt Timothy dan warga desa di Gunung Papandayan. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.