Dunia Menghadapi Krisis Ekonomi dalam Pandemi Covid-19

 Dunia Menghadapi Krisis Ekonomi dalam Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo.

Jayakarta News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Covid-19 merupakan pandemi global yang tidak saja terjadi di Indonesia, namun juga terjadi di 215 negara lain di dunia. Hal itu ditegaskannya saat kunjungan kerja di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (25/6/2020).

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa selain mengalami pandemi pada bidang kesehatan, saat ini negara-negara di dunia tengah menghadapi krisis ekonomi dalam pandemi Covid-19.

“Tidak hanya Indonesia yang terdampak virus Corona. Sebanyak 215 negara di dunia juga terdampak,” ujarnya.

Dari apsek ekonomi, lanjutnya, IMF (International Monetary Fund) juga mencatat pada tahun 2020 ini, banyak negara maju yang mengalami inflasi dan penurunan pertumbuhan ekonomi.

Jokowi menyebutkan, Amerika Serikat, Jepang, Italia, Spanyol, hingga Jerman juga diprediksi akan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi hingga angka minus.

Dari aspek kesehatan, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya Jawa Timur, ia mengingatkan agar masyarakat senantiasa mengikuti protokol kesehatan jika ke luar rumah.

“Sekali lagi saya minta kita memiliki perasaan yang sama bahwa kita sekarang berada pada posisi krisis kesehatan itu dan ditambah dengan ekonomi,” ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat senantiasa mengenakan masker dan cuci tangan. Serta tidak berkerumun apabila kegiatan itu tidak perlu dilakukan.

“Jangan sampai ada masyarakat yang memiliki perasaan yang masih normal-normal saja sehingga ke mana-mana tidak pakai masker, lupa cuci tangan sehabis kegiatan, masih berkerumun di dalam kerumunan-kerumunan yang tidak perlu. Ini yang terus harus kita ingatkan,” demikian Presiden. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *