dr Andi Kurniawan Akui Cantika Alami Cedera Tulang Kering

 dr Andi Kurniawan Akui Cantika Alami Cedera Tulang Kering

Lifter Windy Cantika /foto: humas SEA Games Vietnam

JAYAKARTA NEWS— Lifter putri andalan Indonesia, Windy Cantika gagal mempersembahkan medali emas pada SEA Games 2021 Vietnam. Peraih medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo ini terkena diskualifikasi akibat gagal melakukan tiga angkatan Clean & Jerk saat tampil di kelas 49kg.

Dokter Tim Nasional (Timnas) Angkat Besi Indonesia, dr Andi Kurniawan yang dihubungi Selasa (31/5/2022), mengakui, Cantika, panggilan akrabnya, mengalami cedera tulang kering (Stress Fracture Tibia). “Ya, Cantika mengalami cedera tulang kering kaki kanan,” kata dr Andi Kurniawan.

Cedera tulang kering kaki kanan Cantika, kata Andi Kurniawan, sudah terjadi pada saat Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua. Namun, cedera yang sudah sembuh itu kambuh kembali saat tampil pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior di Crete Yunani, Mei lalu. “Cedera tulang kering itu dialami Cantika saat PON dan sudah sembuh. Tetapi, cedera itu kambuh lagi setelah kejuaraan dunia,” jelasnya.

Di kejuaraan dunia angkat besi junior itu, Cantika yang tampil di kelas 49kg merebut emas untuk tiga kategori yakni angkatan snatch, clean and jerk, dan total angkatan. Pada angkatan snatch, lifter berusia 19 tahun itu membukukan snatch 83kg, clean and jerk 102kg dan total angkatan 185kg.

Catatan tersebut tidak lebih baik dibanding hasil di Olimpiade Tokyo 2020 ketika Windy membukukan total angkatan 194kg, dengan rincian snatch 84kg dan clean and jerk 110kg, dan meraih perunggu.

Pelaksanaan kejuaraan dunia ini sangat berdekatan dengan SEA Games 2021 Vietnam. Jadi, Cantika terlalu riskan untuk tampil di dua event penting tersebut. Idealnya, kata Andi Kurniawan, Cantika boleh tampil tiga bulan setelah kejuaraan dunia.

“Idealnya jarak satu event ke event lain dengan durasi tiga bulan. Mungkin kedua event ini dianggap prioritas jadi Cantika diturunkan,” ujarnya.

Andi Kurniawan juga menjelaskan masalah cedera Cantika sudah ditangani. “Cantika harus istirahat selama tiga sampai empat minggu untuk pemulihan cedera,” tegasnya.***azh

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.