Defence Human Capital, Nilai Tambah Alumni Unhan

 Defence Human Capital, Nilai Tambah Alumni Unhan

Rektor Unhan saat mewisuda di Kampus Unhan, Rabu (11/3/2920)–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Kementerian Pertahanan sebagai institusi pembina Universitas Pertahanan (Unhan) mengharapkan ke depan Unhan dapat menjadi rujukan negara lain dalam hal ketahanan. Seperti saat ini Unhan telah menjadi rujukan negara Thailand dalam menjaga ketahanan negeri Gajah Putih tersebut. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono saat memberikan sambutan Dies Natalis ke- 11 Unhan sekaligus mewisuda 365 mahasiswa Pascasarjana (S2) di Kampus Unhan Sentul, Rabu (11/3/2020).

Kontribusi alumni Unhan dalam pembangunan serta diplomasi internasional juga disampaikan Rektor Unhan Letnan Jenderal TNI Dr Tri Legionosuko, S.IP, MAP,  bahwa alumni Unhan memiliki kekuatan membangun bangsa dan dunia internasional. “Universitas Pertahanan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk berkontribusi dan berperan serta dalam proses pembangunan bangsa dan diplomasi pertahanan di dunia internasional,” tutur Rektor Unhan.

Rektor Unhan Letnan Jenderal TNI Dr Tri Legionosuko, S.IP, MAP–foto istimewa

Wakil Menteri Sakti Wahyu Trenggono juga menyebut Unhan sebagai perguruan tinggi dengan alumni yang membanggakan mengajak sivitas akademika Unhan untuk meningkatkan kualitas kerja dan pelayanan kepada pemangku kepentingan.

“Tantangan bangsa ke depan semakin tidak ringan. Unhan bisa terus meningkatkan kualitas dengan mengkaji menghadirkan pendidikan S1 khususnya bidang siber dan kedokteran militer. Lulusan Unhan juga punya tanggung jawab besar untuk mengimplementasikan ilmu di bidang masing-masing. Selain itu lulusan Unhan ini akan menjadi bagian komunitas pertahanan, SDM unggul dan maju di bidang pertahanan,” ujar Wamen Menhan.

Rektor Unhan Tri Legionosuko pada kesempatan itu menegaskan bahwa menjadi alumni Unhan merupakan suatu kebanggaan karena menjadi sumber daya manusia yang mumpuni di bidang pertahanan. Hal itu menurut Rektor harus dimaknai lulusan Unhan memiliki nilai tambah sebagai Defence Human Capital.

Selain itu alumni Unhan tidak hanya mampu berpikir dan bertindak sesuai bidang keilmuan tetapi juga diharapkan memiliki karakter dan wawasan kebangsaan sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Bela Negara, memiliki identitas dan jiwa nasionalis yang kuat serta berintegritas.

Hingga saat ini Unhan terus berupaya mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi berstandar dunia World Class Defense University pada 2024. Setiap tahun banyak negara yang memercayakan warganya untuk menuntut ilmu di Unhan. Pada wisuda tahun 2020 ini terdapat wisudawan Zimbabwe dua orang, Cina, Arab Saudi, India, Philipina masing-masing satu wisudawan.***alf

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *